PANGKALAN KERINCI - Jalan Koridor PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan Ponton Penyebrangan Langgam yang ditutup selama tiga pekan terakhir telah dibuka kembali, Selasa (7/1/2020).

Penutupan sementara akses jalan dari Pangkalan Kerinci menuju ponton penyebrangan Langgam yang dimulai sejak 17 Desember 2019 lalu, dilakukan atas alasan keamanan dan keselamatan pengguna jalan karena beberapa titik lokasi jalan koridor tergenang banjir.

General Manager Stakeholder Relation (SHR) RAPP, Wan Mohd Jakh Anza, menyampaikan bahwa sejak, Minggu (5/1) level air permukaan Sungai Kampar telah berada di angka 3.20 meter dan mendekati normal.

Air sudah tidak mengalir dan menggenangi sebagian besar jalan koridor lagi. Ketika akses jalan mulai ditutup, level air permukaan Sungai Kampar berada pada kategori di atas normal.

“Dengan membaiknya kondisi tersebut, tim Road Maintenance RAPP melakukan perbaikan dan pemulihan kondisi jalan hingga Senin petang kemarin," ungkapnya.

Setelah dievaluasi oleh tim Task Force Fiber Supply, jalan dinyatakan layak dari aspek keselamatan dan keamanan untuk dilalui seluruh kendaraan.

“Pagi ini manajemen memutuskan agar jalan kembali dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 WIB dan ponton penyebrangan resmi kembali beroperasi,” kata Wan Jakh.

Perusahaan mengimbau kepada seluruh pengendara atau masyarakat yang melintas untuk selalu berhati-hati dalam berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas. "Demi keamanan dan keselamatan bersama," tandas Wan Jakh.*