PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Sedikitnya 94 rumah terendam akibat banjir yang melanda Rokan Hulu, Kamis (26/12/2013) malam ini. Selain merendam rumah, banjir juga memutuskan akses jalan ke Desa Menaming.


Saat berita ini ditulis, kondisi air di Rambah Tengah Hulu masih meninggi sebab Sungai Pawan meluap, sehingga badan jalan tergenang air, termasuk kolam masyarakat juga jebol. Sebagian warga berusaha menyalamatkan barang-barangnya, sebagian asyik mengambili ikan akibat jebolnya kolam masyarakat.


Ketinggian air, sekitar 40 centi meter sampai 1, 5 meter, kondisi air masih belum ada tanda-tanda surut meski hujan tidak turun lagi. Masyarakat Desa Menaming tidak bisa menyebrang sebab kenderaan roda empat dan roda dua tidak bisa melintas.


Kepala Desa RTH Zainal Abidin Daulay, mengatakan 94 rumah warganya terendam banjir, termasuk banjir melanda Dusun Pawan Hulu dan Dusun Pawan Hilir. ''Rumah warga terendam, meskipun banjir begitu tinggi, namun tidak terlihat adanya anggota BPBD Rohul di TKP,'' kata Warga RTH Iwan.


Ketika dikonfirmasi dengan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceng Herdiana ST, MM, pihaknya akan turun mengecek kondisi banjir. ''Nanti kita cek kondisi banjir,'' kata Aceng. (srt)