PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Hujan lebat yang melanda Rokan Hulu, Riau, Kamis (26/12/2013) malam sekitar pukul 23.00 Wib semakin meluas. Bukan saja di Dusun Tanjung Belanti (Tambe), Kelurahan Pasir Pangaraian, Kecamatan Rambah, banjir juga meluas hingga Rambah Tengah Hulu.


Pantauan GoRiau.com di lokasi malam ini, ratusan rumah juga tergenang di Rambah Tengah Hulu. Air mencapai ketinggian satu meter dan warga sibuk menyelamatkan barang-barang yang dimiliki ke tempat yang lebih tinggi.


Saat ini tim dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu terus memantau daerah-daerah yang mulai tergenang akibat hujan lebat selama lebih kurang dua jam tersebut. Namun karena luasnya daerah terkena banjir personil yang diturunkan belum mampu membantu keseluruhan.


Seperti diberitakan sebelumnya di Dusun Tanjung Belanti (Tambe), Kelurahan Pasir Pangaraian, Kecamatan Rambah- Rohul, sekitar pukul 23.00 Wib, Kamis (26/12/2013) banjir merendam puluhan rumah. Hujan deras sekitar 2 jam membuat anak sungai Tanjung Belanti meluap. Air pun begitu deras memasuki rumah warga hingga sejumlah barang-barang warga basah, seprti tempat tidur, lemari dan lainnya.


Ketua RT II Tambel, Jabal, mengatakan sekitar 2 RT terkena banjir dengan jumlahnya sebanyak 30 Kepala Keluarga (KK). Warga tidak sempat menyelamat buku-buku sekolah, beras dan barang-barang lain karena air begitu cepat mengisi seluruh isi rumah.


''Penyebab banjir karena hujan deras, kemudian gorong-gorong ada melintang pipa PDAM, sehingga sampah-sampah masyarakat tersangkut di situ,'' kata Jabal.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu, Aceng Herdiana ST, MM sudah berada di TKP, anggota sudah melakukan pendataan berapa rumah terkena dampak banjir. ''Hasil pendataan kita di lapangan, baru 15 KK sekitar 50 terkena dampak, kita masih terus melakukan pendataan, setelah valid nanti akan kita laporkan pada Dinas Sosial,'' kata Aceng. (srt)