BAGANSIAPIAPI - Potensi perikanan terutama perikanan laut di Bagansiapiapi secara ekonomi masih menjanjikan untuk dikembangkan. Bahkan, pemerintah berencana akan menyediakan fasilitas perumahan bagi nelayan tradisional dan juga tempat pelelangan ikan dibagansiapiapi.

Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan yang juga Ketua Bidang Kemaritiman Partai PDI Perjuangan, Rokhmin Dahuri, menyatakan ketertarikannya dengan meninjau langsung lokasi rencana pembangunan rumah layak huni dikampung baru, kelurahan Bagan Hulu, Bagansiapiapi, pada hari Senin (17/10/2106).

Kunjungan ini merupakan kali kedua setelah dirinya juga melihat potensi keramba apung di Pulau Jemur yang berbatasan langsung diselat Melaka. Didampingi Bupati Rokan Hilir, Rokhmin sempat bercengkerama dengan warga nelayan yang baru pulang melaut disore hari.

''Kita ingin areal pembangunan rumah layak huni difoto untuk dokumentasi,'' pintanya.

Dia menilai, lokasi tempat dibangunnya rumah layak huni untuk nelayan cukup bagus mengingat sangat dekat dengan tempat berlabuhnya kapal nelayan. Walaupun terbatas waktu, kedatangan Rokhkin akan dilanjutkan besok pagi untuk meninjau lokasi tempat pelelangan ikan.

Rokhmin menjelaskan, dia telah menerima laporan bahwa masih banyak yang butuh rumah yang layak bagi nelayan Bagansiapiapi. Karenanya Rokhmin berjanji akan terus berjuang memperjuangkan nasib rakyat nalayan khususnya di Kementerian terkait. ***