JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Seluruh Indonesia (PB ISSI) periode 2021-2025, Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang juga Kapolri secara resmi dikukuhkan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyampaikan pesan kepada kepengurusan PB ISSI yang baru ini.

Pengukuhan tersebut berlangsung di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). Plt Sesmenpora Jonni Mardizal berharap cabang olahraga balap sepeda Tanah Air bisa tampil di Olimpiade Paris 2024 yang akan datang.

“Pertama, izinkan saya menyampaikan permohonan maaf dan salam hormat dari Bapak Menpora Zainudin Amali yang tidak dapat hadir secara fisik dalam pengukuhan ini, saat bersamaan sedang di luar kota dalam rangka sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional,” kata Jonni dalam sambutannya.

Jonni menerangkan, balap sepeda merupakan salah satu cabang olahraga yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional. Sehingga, dengan itu PB ISSI diharap dapat mempersiapkan diri untuk lolos kualfikasi Olimpiade Paris 2024.

“Juga perlu diingat bahwa dalam DBON ini menerapkan sistem promosi dan degradasi. Oleh karenanya PB ISSI harus bisa berprestasi dan mempertahankan tempatnya sebagai salah satu cabor yang diunggulkan,” ujar Jonni.

Selain itu, PB ISSI juga diminta untuk mempersiapkan atletnya dalam menghadapi ajang SEA Games dan Asian Games kedepan.

“Bapak Menpora berharap agar kepengurusan yang baru ini akan membawa harapan baru dan melanjutkan program yang baik dari kepengurusan lama yang mungkin belum dapat dilaksanakan karena satu dan lain hal, untuk itu kerjasama antar-personel dalam kepengurusan ini sangat diharapkan,” terang Jonni.

Disamping itu, Jonni juga berharap pengembangan dan peningkatan kualitas atlet balap sepeda Indonesia dapat ditingkatkan. Peran daerah, disebutnya sangat penting dalam hal ini.

“Pengembangan dan peningkatan kualitas pelatih harus diperhatikan. Kegiatan Rakernas yang akan dilaksanakan secara berbarengan ini juga diharap dapat menghasilkan rumusan kebijakan dan program kerja strategis kedepannya,” pungkas Jonni.***