SIAK - Wabah virus Corona atau Pandemi Covid-19 yang sangat mengkhawatirkan saat ini membuat semua aktivitas terganggu. Selain sekolah, ASN (aparatur sipil negara) di Kabupaten Siak juga diliburkan. Namun hal ini tidak mengganggu pelayanan publik.

Hal itu disampaikan Bupati Siak, Alfedri didampingi Forkopimda Kabupaten Siak melalui video conference kepada Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution di Ruang Command Center Siak Live Room, Senin (23/3/2020).

"Seluruh OPD di Siak sudah membuat himbauan untuk ASN agar bekerja dari rumah saja. Namun jika bertugas di bidang pelayanan, ASN yang bersangkutan tetap masuk kantor. Sehingga tidak mengganggu pelayanan publik,'' kata Alfedri kepada GoRiau.com.

Kantor pelayanan publik yang dimaksud yakni kantor Pelayanan dan Perizinan terpadu, Dinas Kependudukan dan Pelayanan Paten di masing-masing Kecamatan, serta Puskesmas dan Rumah Sakit.

"Hanya saja, kita tegaskan kembali ASN yang masih masuk bekerja harus menjaga jarak dengan orang lain. Kita juga sudah membentuk Gugus tugas yang akan bekerja sesuai protokol kesehatan dan komunikasi yang diatur serta melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah rumah ibadah dan tempat wisata beberapa waktu lalu," ungkap Alfedri.

Sejumlah langkah antisipasi penanganan penyebaran wabah Covid-19 ini juga dipaparkannya secara rinci oleh Bupati Siak Alfedri. Seperti memperketat akses masuk dari pelabuhan Tanjung Buton, serta mengingatkan perusahaan agar terus memantau kesehatan pekerjanya. ***