PEKANBARU, GORIAU.COM - Menanggapi imbauan jadwal libur sekolah oleh Kadisdik Pekanbaru Zulfadil, yang menyatakan bahwa seluruh proses belajar mengajar diliburkan kecuali sekolah yang memiliki fasilitas AC. Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Imbauan tersebut tidak benar.

Pernyataan Andi Rachman tersebut, diungkapkanya usai melaksanakan salat istisqa di halaman Mesjid Agung Annur, Senin (26/10/2015).

"Berdasarkan hasil rapat kordinasi pemerintah provinsi Riau dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan bersama Kementerian Pendidikan kemarin, libur sekolah disesuaikan dengan kondisi di Kabupaten/Kota masing-masing. Khususnya di Kota Pekanbaru, kita sudah sepakati bersama, bahwa anak didik tetap libur sementara tanpa pengecualian," ungkap Andi Rachman kepada GoRiau.com.

Andi Racmman juga menyatakan, akan meninjau ulang kebijakan dari Dinas Pendidikan tersebut. "Nanti saya akan tinjau kembali ke Dinas Pendidikan, apakah benar ada instruksi khusus yang memiliki AC, tetap masuk sekolah, karena berdasarkan keputusan rapat bersama, saat ini tidak ada sekolah yang melakukan kegiatan belajar mengajar," tambahnya.

Jadwal libur bagi sekolah-sekolah yang posisinya terdampak kabut asap pekat, hari ini menurut Andi Rachman, selain Kota Pekanbartu juga berlaku disejumlah Kabupaten.

"Kondisi atau kadar kepekatan asap seperti di Rokan Hilir, Dumai, juga memaksa untuk meliburkan sekolah disana, nanti akan saya cek ulang," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa kebijakan libur sekolah, melalui imbauan Kadisdik Kota Pekanbaru, bahwa sekolah yang memiliki fasilitas AC tetap melakukan proses belajar mengajar.

Dalam surat edaran elektronik baik BBM, SMS dan pengumuman di media sosial facebook, Kepala Dinas Pendidikan ( Kadisdik) Kota Pekanbaru Zulfadil menulis, libur sekolah tersebut terkait masih berbahayanya kondisi udara akibat kabut asap.

"Assalamualaikum, Kepada yang terhormat, Pengawas, pembina, Ka UPTD dan Kepsek TK/Paud,SD,SMP SMA, SMK, mencermati kondisi udara pada hari minggu 25 Oktober 2015 pukul 15.00 Wib. Serta belum stabilnya udara, atas izin Kadisdik Provinsi Riau dan Walikota. Kadisdik memutuskan utk meliburkan siswa semua tingkatan pada hari Senin dan Selasa 26 - 27 Oktober 2015, (kecuali sekolah yang ber ac), wajib pakai maker, banyak minum air putih dan selalu berada di dalam ruangan," tulis Zulfadil, Minggu (25/10/2015) malam.***