PEKANBARU, GORIAU.COM - Sama dengan pembukaan PON XVIII, sejumlah artis ibukota maupun artis lokal Riau juga akan tampil pada pembukaan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XIV yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono di Stadion Kaharuddin Nasution, Minggu (7/10/2012). Mereka antara lain, Setia Band dan pedangdut Ikke Nurjanah.


''Charly yang dulu ST 12 yang sekarang jadi Setia Band dan juga Ikke Nurjanah bakal hadir,'' kata ketua umum Peparnas Emrizal Pakis, Rabu (3/10/2012).


Bukan hanya dua artis ibukota tersebut. Artis - artis lokal Riau juga bakal meramaikan acara pembukaan Peparnas nanti. Artis lokal yang sudah dihubungi yakni Sagu Band, Mara Karmah. ''Band - band lokal lainnya juga akan hadir. Selain itu ada juga penyanyi yang secara khusus menghibur para peserta. Penyanyi tuna netra. Kita memiliki penyanyi yang bagus seperti itu," ujarnya.


''Memang akan banyak acara hiburan. Tapi kan ada juga kita buat acara pokoknya,'' ujarnya.


Mengenai dana yang dikucurkan untuk mengudang berbagai artis ibukota dan lokal ini, Emrizal tak secara spesifik mengatakan jumlah dananya. Ia mengatakan dana Peparnas secara keseluruhan sekitar Rp50 miliar.


Direncanakan, acara pembukaan nanti akan dimulai pukul 16.00 Wib. Dimukai dari acara hiburan setelah itu masuk ke acara pokok. Acara hiburan pun kembali tersaji untuk mengakhiri acara pembukaan nanti.


Sebelumnya Emrizal beserta beberapa pengurus Peparnas berangkat ke Jakarta untuk bertemu dengan pihak istana. Membicarakan rencana Wakil Presiden (Wapres) Boediono yang akan membuka acara nanti. ''Kita sudah ke sekretariatan Wapres di istana. Sudah sepakat dan pak Wapres yang akan membuka acara nanti,'' kata pria yang menjabat sebagai Plt Kepala Dispora Riau ini.


Acara pembukaan Peparnas sendiri akan digelar tanggal 7 Oktober nanti. Ribuan peserta akan hadir dalam acara ini.


Dikatakan Emrizal, acara pembukaan nanti secara tahapan hampir sama dengan acara penutupan PON lalu. Ada tarian kolosal, hiburan, kata sambutan dari Gubernur Riau Rusli Zaenal dan Wapres Boediono dan lainnya. ''Kembang api juga ada. Kita akan optimalkan dana yang ada saja,'' ujarnya.


Emrizal pun berharap masyarakat yang akan menyaksikan acara pembukaan ini bisa datang lebih cepat. Sebab diperkirakan pengamanan ketat akan dilakukan sebab Wapres Boediono hadir dalam acara ini. (nti/spc)