TEMBILAHAN- Bupati Indragiri Hilir (Inhil) , Riau, HM Wardan mengapresiasi kegiatan Bakti Sosial (Baksos) operasi katarak dan bibir sumbing gratis yang ditaja oleh PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Sabtu (5/12/2015) di RSUD Puri Husada Tembilahan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati saat membuka secara resmi kegiatan yang terselenggara atas kerjasama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul dengan Persatuan Dokter Ahli Mata (Perdami) dan RSUD Puri Husada Tembilahan.

''Saya sangat senang, masyarakat bisa terbantu dengan kegiatan ini. Karena jika menggunakan dana sendiri, satu kali operasi bisa mencapai Rp10 juta'' sebut Bupati.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini juga menyebutkan, apa yang telah dilaksanakan oleh Sido Muncul ini diharapkan bisa ditiru oleh perusahaan lainnya, kususnya yang ada di Negeri Seribu Parit ini.

Apalagi, dijelaskannya, dari 700 ribu penduduk Inhil saat ini, dalam satu tahun 700 orang berisiko terkena katarak. Untuk itu, menurutnya Baksos seperti ini harus rutin diselenggarakan.

''Seperti yang dijelaskan Dirut RSUD Puri Husada Tembilahan, bahwa dari 1000 kelahiran, 8 orang berisiko terkena katarak. Dan satu-satunya yang bisa mengobati penyakit itu adalah dengan operasi, sehingga kegiatan ini sangat penting sekali, terutama bagi warga tidak mampu,'' tambahnya.

Ia juga berharap, baik itu Ketua RT atau RW, termasuk organisasi yang ada di Inhil, agar melakukan pendataan di wilayah masing-masing. Sehingga, jika kedepannya ada kegiatan yang sama, tidak sulit untuk menemukan pesertanya.

''Kita inginnya pengobatan gratis seperti ini juga diikuti oleh masyarakat di pedesaan, untuk itu menjadi tugas RT dan RW melakukan pendataan, sehingga jika sewaktu-waktu akan diadakan Baksos, mereka bisa langsung mengikutinya,'' tukas HM Wardan.

Usai membuka kegiatan itu, Bupati Inhil menyempatkan menyapa para pasien yang akan menjalani operasi.

Bahkan, bersama unsur Forkopimda Inhil dan Senior PR Manager Sido Muncul, Nanik R Sunarno, Bupati melihat proses operasi di ruang bedah RSUD Puri Husada Tembilahan.

Tidak hanya itu, Bupati juga membagikan produk baru Sido Muncul yaitu Tolak Linu Herbal kepada para pasien dan tamu yang ada.

''Ayo diminum,'' ajak Bupati sambil meminum produk baru Sido Muncul itu.***