KARAWANG - Sebagai stasiun televisi pertama yang menghadirkan musik dangdut, wajar saja kalau kemudian MNCTV memberi apresiasi atas kinerja dan prestasi insan dangdut Indonesia. Anugerah Dangdut Indonesia (ADI) 2019 sebagai buktinya tetap digelar, tidak hanya itu saja, penyelenggaraanya pun berlangsung megah dan meriah yang digelar di Lapangan Galuhmas Karawang, Jawa Barat, Minggu (17/11/2019).

ADI tahun ini mengusung tema “Collaboration”. Ajang apresiasi yang ke-13 kali ini adalah salah satu bukti komitmen MNCTV dalam mendukung perkembangan musik dangdut di tanah air.

Acara ADI malam berlangsung meriah, dibuka dengan kolaborasi fanfare dan lightning LED yang spektakuler oleh Ayu Ting Ting, Cita Citata, Siti Badriah, dan Limbad. Disusul dengan penampilan menawan dari para penyanyi dangdut andalan MNCTV, yang membawakan lagu hits mereka seperti "Cendol Dhawet", "Aku Mah Apa Atuh", dan

"Goyang Dua Jari". Tak hanya itu, ada juga penampilan spesial dari sang raja dangdut Rhoma Irama yang sukses membuat seluruh penonton bergoyang bersama dengan membawakan lagu "Musik", dan "Kawula Muda".

Rhoma Irama juga berduet dengan pemenang Kontes KDI 2019 yaitu Suci membawakan lagu "Dasi dan Gincu" dengan sangat apik.

Dewi Perssik juga tidak kalah menarik dengan penampilannya membawakan lagu "Duda Araban". Dewi Perssik juga menjadi salah satu pemenang pada ADI 2019 untuk kategori Penyanyi Dangdut Paling Gaya.

"Alhamdulilah, bersyukur sama Allah SWT. Selama 16 tahun berkarir di dunia musik dangdut, akhirnya mendapatkan apresiasi untuk kategori ini. Terima kasih banyak untuk mnctv," ujar Dewi.

Selain Dewi Perssik, untuk kategori Penyanyi Dangdut Cilik Paling Viral berhasil disabet oleh Betrand Peto Putra Onsu. "Puji Syukur kepada Tuhan YME, ngga nyangka sama sekali bisa menang. Dengan umur Betrand yang masih 14 tahun bisa menang di ajang penghargaan dangdut sebesar ADI ini", ungkap Betrand dengan raut wajah bahagia.

Untuk kategori spesial dari MNCTV yakni Legenda Dangdut Paling Mantul diberikan kepada Rhoma Irama. MNCTV dengan bangga memilih Rhoma Irama karena dinilai memiliki kiprah yang mumpuni dan berhasil menjadi legenda di musik dangdut.

"Terimakasih kepada MNCTV yang selalu memberikan apresiasi khusus terhadap musik dangdut Indonesia. Saya sangat berbahagia dan bangga mendapatkan penghargaan ini", ujar Bang Haji Rhoma Irama.

Acara ADI 2019 ini juga dimeriahkan oleh Trio Macan, Tasya Rosmala, Betrand Peto Putra Onsu, Nita Thalia, Jihan Audy, Cak Sodiq, Suci KDI, Marvin KDI, Abi KDI, Delima KDI, Danang Pradana, Denias, Lebby, Takupaz Dance Crew, Afan, Mr. Temon Holic. Acara yang dipandu oleh host Ruben Onsu dan Anwar Sanjaya ini menyuguhkan berbagai aksi seru secara outdoor dengan melibatkan performer yang unik dan sangat menghibur, yang tidak dilakukan oleh awarding lainnya.

Kemegahan acara Minggu malam ditutup dengan duet apik oleh seluruh artis diiringi para dancers menyanyikan lagu "Goyang Dumang" dengan meriah. 

ADI 2019 dibagi menjadi 4 kategori yakni, terpopuler (dipilih berdasarkan vote sms), tersosmed (dipilih berdasarkan vote like di Instagram), terbaik (dipilih berdasarkan penilaian oleh Juri yang kompeten) dan kategori terspesial dari MNCTV.

Berikut list pemenang Anugerah Dangdut Indonesia 2019 :

Kategori TerpopulerKategori Penyanyi Dangdut Solo Pria Paling Di HatiDanang

Kategori Penyanyi Dangdut Solo Wanita Paling Di HatiTasya Rosmala

Kategori Dangdut Pendatang Baru Paling Di HatiSelfi Yamma

Kategori Penyanyi Duo/Trio/Grup Dangdut Paling Di HatiTrio Macan

Kategori Kolaborasi Dangdut Paling Di Hati

Lagu Dangdut Paling Dihati : Ayu Ting Ting x Kerencem

Lagu Dangdut Paling Di Hati : Apalah Cinta (Ayu Ting Ting)

Kategori Tersosmed

Penyanyi Dangdut Tergaul:  Ayu Ting Ting

Fanbase Tergaul : Aytinglicious

Penyanyi Cilik Paling Viral : Betrand Peto Putra Onsu

Lagu Dangdut Terbaik

Bintang (Delima KDI) : Cipt: Nurbayan

Penyanyi Dangdut Terbaik : Rita Sugiarto

Kategori Spesial MNCTV

Kategori Penyanyi Dangdut Paling Gaya : Dewi Perssik

Penyanyi Dangdut Paling Energik : Nita Thalia

Legenda Dangdut Paling Mantul : Rhoma Irama

Magician Paling Dangdut : Limbad. ***