TELUKKUANTAN - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tahun 2020 resmi diikuti tiga pasangan calon. Mereka adalah Andi Putra - Suhardiman, Mursini - Indra Putra dan Halim - Komperensi.

Sebelumnya, GoRiau.com sudah mengulas harta kekayaan masing-masing calon bupati. Lantas, bagaimana dengan calon wakil bupati?

Dari data yang dihimpun GoRiau.com di website resmi LHKPN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), berikut daftar kekayaan Suhardiman, Indra Putra dan Komperensi.

Baca JugaMenakar Kekayaan Calon Bupati Kuansing

1. Suhardiman Amby

GoRiau Suhardiman Amby.
Suhardiman Amby.

Ketua Partai Hanura Kuansing ini menjadi wakil dari Andi Putra dengan nomor urut 1. Selain didukung Golkar dan Hanura, pasangan ASA ini juga didukung oleh PKS.

Maju sebagai calon wakil bupati, Suhardiman memiliki tiga persil tanah di Kota Pekanbaru dengan nilai Rp680 juta. Kemudian, dua unit mobil landcruiser turbo senilai Rp400 juta dan ovel blazer senilai Rp60 juta.

Dalam LHKPN yang diverifikasi 1 September 2020 tersebut, Suhardiman tidak memiliki harta bergerak lainnya dan surat berharga. Untuk kas dan setara kas, Suhardiman memiliki Rp47,7 juta.

Kemudian, jumlah utang yang dimiliki Suhardiman sebanyak Rp71,7 juta. Sehingga, total kekayaan bersih Suhardiman senilai Rp1,1 miliar.

2. Indra Putra

GoRiau Indra Putra.
Indra Putra.

Indra Putra merupakan calon wakil bupati mendampingi Mursini pada Pilkada 2020. Pasangan ini diusung oleh PPP, Nasdem dan PKB.

Dalam LHKPN yang disampaikan Indra Putra ke KPK tanggal 1 September dan dinyatakan lengkap pada 24 September 2020, ia memiliki dua persil tanah dan bangunan di Kota Pekanbaru dan satu persil di Kuansing. Nilainya mencapai Rp3,4 miliar.

Untuk alat transportasi dan mesin, Indra Putra memiliki beberapa unit kendaraan. Yakni, honda minibus tahun 2017 senilai Rp265 juta, mobil Ford tahun 2003 senilai Rp90 juta, Toyota Celica tahun 2004 senilai Rp360 juta, Jeep Cherokee 1997 senilai Rp120 juta, Toyota Prado tahun 2004 senilai Rp220 juta.

Kemudian, harta bergerak lainnya senilai Rp81 juta lebih. Indra tidak memiliki surat berharga, namun kas dan setara kas lainnya senilai Rp90,7 juta.

Indra memiliki utang sebesar Rp122,8 juta. Sehingga, total kekayaan bersih Indra Putra senilai Rp4,5 miliar.

3. Komperensi

GoRiau Komperensi.
Komperensi.

Komperensi merupakan calon wakil bupati yang mendampingi H. Halim. Politikus perempuan ini sudah lama malang melintang di dunia politik. Awalnya merupakan kader Golkar yang kemudian menjadi Ketua PAN Kuansing.

Berikut daftar kekayaan Komperensi yang dilaporkannya ke KPK pada 26 Maret 2020 yang dinyatakan lengkap hasil verifikasi pada 15 April 2020.

Komperensi memiliki tanah dan bangunan di Kuansing sebanyak enam persil dengan nilai mencapai Rp1,8 miliar. Namun, ia tak memiliki alat transportasi dan mesin.

Untuk harta bergerak lainnya, Komperensi memiliki aset senilai Rp8,6 miliar. Tapi, Komperensi tidak memiliki kas atau setara kas, surat berharga atau harta lainnya. Jumlah semuanya Rp10,4 miliar.

Namun, Komperensi memiliki utang senilai Rp1,3 miliar. Dengan demikian, total kekayaan bersih Komperensi senilai Rp9,1 miliar.***