TELUKKUANTAN - Tiga pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau telah mendaftar ke KPU Kuansing. Yakni, Mursini - Indra Putra, Halim - Komperensi dan Andi Putra - Suhardiman Amby.

Mursini merupakan bakal calon petahana. Ia ditantang oleh H. Halim yang saat ini menjabat Wakil Bupati Kuasing dan Andi Putra yang menjabat Ketua DPRD Kuansing.

Jelang penetapan calon, dinamika perpolitikan di Kuansing semakin menarik. Terlebih, orang-orang mulai membicarakan kekayaan masing-masing bakal calon. Bahkan, membandingkan kekayaan ketiganya.

Lantas, siapa yang paling kaya? Menjawab hal itu, GoRiau.com telah melakukan penelusuran terhadap kekayaan Mursini, Halim dam Andi Putra melalui website Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), elhkpn.kpk.go.id.

Mursini

GoRiau Pasangan Mursini - Indra Putra
Pasangan Mursini - Indra Putra

Mursini merupakan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua PPP Riau.

Sebelum menjadi bupati, Mursini pernah menjadi Wabup Kuansing dan anggota DPRD Riau.

Berdasarkan LHKPN tahun 2019, Mursini memiliki tanah dan bangunan yang berada di Kota Pekanbaru, Kuansing dan Kampar. Jumlahnya 22 persil dengan nilai mencapai Rp1,4 miliar lebih.

Kemudian, Mursini memiliki alat transportasi dan mobil, yakni mobil Chevrolet Minibus tahun 2003 senilai Rp75 juta, mobil Toyota Camry sedan tahun 2005 senilai Rp150 juta, mobil Toyota Prado tahun 2006 senilai Rp200 juta, Excavator Komatsu tahun 2007 senilai Rp255 juta. Harta bergerak lainnya senilai Rp14,25 juta.

Kemudian, kas dan setara kas senilai Rp1 miliar lebih dan harta lainnya senilai Rp300 juta.

Dalam LHKPN itu, Mursini tidak memiliki utang. Dengan demikian, total kekayaan Mursini senilai Rp3,4 miliar.

Halim

GoRiau Pasangan Halim - Komperensi.
Pasangan Halim - Komperensi.

H. Halim merupakan pengusaha sukses di Kabupaten Kuansing. Saat ini, ia menjabat sebagai Wakil Bupati Kuansing.

Halim memiliki tanah dan bangunan sebanyak 46 persil yang berada di Kuansing dan Kota Pekanbaru. Nilai tanah dan bangunan tersebut mencapai Rp17,8 miliar.

Kemudian, Halim memiliki alat transportasi dan mesin. Yakni, Toyota Fortuner tahun 2005 senilai Rp120 juta, Mitsubishi Dump Truk tahun 2007 senilai Rp110 juta, Pajero Jeep tahun 2008 senilai Rp280 juta, Strada Double Cabin tahun 2011 senilai Rp110 juta.

Setelah itu, Dump Truk tahun 2013 hibah dengan akta senilai Rp140 juta, Toyota Hilux tahun 2016 senilai Rp150 juta dan mobil Toyota Land Cruiser tahun 2016 senilai Rp650 juta. Selanjutnya, harta bergerak lainnya senilai Rp660 juta.

Untuk kas dan setara kas, Halim memiliki Rp2,9 miliar. Jika dijumlahkan antara tanah bangunan, alat transportasi dan mesin dan harta bergerak lainnya, jumlahnya mencapai Rp23 miliar lebih. Namun, Halim memiliki utang senilai Rp5,6 miliar lebih.

Dengan demikian, total harta kekayaan Halim senilai Rp17,4 miliar.

Andi Putra

GoRiau Pasangan Andi Putra - Suhardim
Pasangan Andi Putra - Suhardiman Amby.

Andi Putra merupakan politikus Partai Golkar. Ia telah tiga periode menjalani karier politiknya sebagai wakil rakyat di DPRD Kuansing. Bahkan, ia sudah dua kali sebagai ketua.

Berdasarkan LHKPN 2019, Andi Putra memiliki delapan persil tanah dan bangunan yang berlokasi di Kuansing dengan nilai Rp3,15 miliar.

Kemudian, Andi Putra memiliki alat transportasi dan mesin senilai Rp925 juta. Rinciannya, Honda Jeep tahun 2012 senilai Rp320 juta, sepeda motor yamaha tahun 2018 senilai Rp40 juta dan Mitsubishi Pajero tahun 2019 senilai Rp565 juta.

Andi Putra tidak memiliki harta bergerak lainnya, surat berharga, kas dan setara kas dan harta lainnya. Ia memiliki utang senilai Rp910 juta.

Dengan demikian, total harta kekayaan Andi Putra tahun 2019 senilai Rp3,1 miliar.***