PEKANBARU, GORIAU.COM - Pertarungan intelektual ditingkat Sumatera Raya kembali dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi ( HMI MPO ) di Cabang Pekanbaru, dalam rangka Intermediate Training (LK II) HMI MPO Cabang Pekanbaru Periode 2014 - 2015,

Kegiatan yanga akan dilaksanakan 27 April – 4 Mei 2014 di Rusunawa Universitas Islam Riau akan dibuka resmi oleh Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI - MPO) Puji Hartoyo Abu Bakar sekaligus membuka Musda Badko Sumatera Raya ke III. Musda Badko HMI MPO akan diikuti oleh cabang - cabang HMI MPO yang ada di Sumatera.

Intermediate Training ( LK II ) adalah jenjang pendidikan pelatihan umum setelah Basic Training ( LK I ) yang ada di pedoman pengkaderan HMI MPO.

''Pendidikan merupakan proses pembentukan pribadi manusia, pewarisan dan penciptaan nilai, pengetahuan dan keterampilan sehingga pribadi tersebut dapat mengembangkan diri secara optimal untuk menghadapi kehidupan nyata. Maka perkaderan pendidikan HMI diorientasikan pada pengembangan integritas pribadi kader secara menyeluruh sehingga mampu menjadi pemimpin yang adil dan progresif, inovatif dan visioner,'' ujar Ketua Umum HMI MPO Cabang Pekanbaru, Ganjar Stiawan melalui rilisnya kepada GoRiau.com, Sabtu (26/4/2014).

Intermediate Training ( LK II ) kali ini lebih berwarna dengan datangnya pemateri dari Alumni - alumni HMI seperti penasehat KPK, Abdullah Hehamahua, beliau adalah mantan Ketua Umum PB HMI pada tahun 1981 (HMI sebelum pecah ). Eggi Sudjana yang merupakan Ketua Umum PB HMI MPO pertama juga datang ke Riau untuk mengisi materi LK II. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIR, Abdullah Sulaiman (Mantan Ketua Korkom UII HMI MPO tahun 1985 ) juga turut meramaikan dalam mengisi materi Intermediate Training ( LK II ). Begitu juga dengan Alumni - alumni HMI yang berada di Riau seperti Johar Firdaus (Ketua KAHMI Riau), Anton Yuliandri, Amiruddin, dan Hasbi.

Peserta Intermediate Training (LK II) yang ditaja oleh HMI MPO Cabang Pekanbaru sebanyak 13 Kader terdiri dari Kader HMI MPO Cabang Pekanbaru, HMI MPO Cabang Asahan dan HMI MPO Cabang Meranti. Master of Training LK II dari PB HMI Muhidin yang selalu siap mengawal proses pengkaderan Intermediate Training hingga selesai.

Adapun tujuan Intermediate Training ( LK II ) merupakan Latihan Kader tingkat lanjut yang merupakan media aktualisasi dan pengembangan potensi kreatif secara mandiri dengan berpedoman pada nilai dasar keislaman untuk menumbuhkan kemampuan analisis dalam merespon persoalan keumatan dengan ketegasan sikap.

Jumlah peserta yang memang belum dikatakan banyak, akan menjadi sebuah harapan besar yang dinginkan oleh Pengurus HMI MPO Cabang Pekanbaru dimana ghiroh keHMian dan militansi seorang kader dalam membangun HMI kedepan dan sebagai proses regenerasi yang mapan serta kontinuitas. Inilah salah satu gerbang dan menuju sebuah langkah dalam mewujudkan cita-cita HMI itu sendiri yakni ''Terbinanya Mahasiswa Islam menjadi insan ulil albab yang turut bertanggung jawab atas terwujudnya tatanan masyarakat yang diridhoi oleh Allah SWT''.

Selain itu, HMI MPO Cabang pekanbaru juga telah mengagendakan untuk melakukan kegiatan Senior Course (SC), yang Insya'allah akan diselenggarakan pada akhir bulan Mei 2014. ''Karena kita melihat SDM yang sudah ada di tingkatan Cabang maupun Komisariat sudah cukup kuat dan dapat dikatakan sudah banyak. Kita berharap dari PB HMI MPO bisa memberikan masukan serta partisipasinya agar HMI MPO Cabang Pekanbaru lebih memiliki progress dan komitmen serta lebih berkualitas, hari ini dan kedapannya,'' tutupnya. (rls)