PEKANBARU - Tokoh Melayu Riau, almarhum Tenas Effendy atau yang memiliki nama lengkap Tengku Nasaruddin Said Effendy akan diberi tanda kehormatan Bintang Mahaputra Nararya oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (15/8/2019).

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau, Yoserizal Zein mengatakan, bahwa penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

"Almarhum merupakan tokoh pejuang Riau, dan juga tokoh adat Melayu Riau yang telah banyak berbuat bagi negeri Melayu Riau dan juga Indonesia. Insya Allah siang ini penghargaan tersebut akan diterima langsung oleh anaknya Tengku Hidayati, didampingi adik kandungnya Tengku Ubaidillah," kata Yose, Kamis (15/8/2019) pagi.

Selain anak dan adik kandungnya, kata Yose, Wakil Gubernur Riau Datuk Edi Natar juga dijadwalkan hadir dalam penerimaan penghargaan tersebut. Termasuk Ketua LAM Riau, Datuk Syahril Abu Bakar.

Ads
"Ini suatu kehormatan bagi Riau, salah satu tokoh Riau masuk dalam penerima penghargaan," ujarnya.

Pada kesempatan ini juga, ada beberapa tokoh lain yang akan menerima Bintang Mahaputra Nararya, yakni Arifin Panigoro, pendiri dan penasehat PT Medco Internasional Tbk, Sofyan Wanandi, Ketua tim Ahli Wakil Presiden RI, dan almarhum Siti Maryam Muhammad Salahuddin, ilmuan kebudayaan daerah Bima. Sedangkan almarhum Tenas Effendy, akademisi dan budayawan.

"Pemberian penghargaan ini melalui proses yang cukup panjang, mulai dari pengusulan, disidangkan, verifikasi dan ditetapkan. Penghargaan ini juga bersempena Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus. Tentu suatu penghargaan yang tinggi bagi kita Riau, tokoh dan budayawan Melayu Riau menerima penghargaan tertinggi dari pemerintah," tukasnya. ***