PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Meski 247 rumah di dua desa di Kecamatan Bonaidarussalam, Kabupaten Rokan Hulu masih terendam banjir hingga Senin (24/11/2014). Ketinggian air antara 40 centimeter hingga 60 centimeter, namun Jalan Lintas Provinsi (Jalinprov) Sontang-Duri sudah bisa dilewati.

Demikian dikatakan Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul Aceng Herdiana, Senin (24/11/2014).

"Jalan provinsi sudah bisa dilalui, namun masih ada ruas jalan yang rusak," terang Aceng sebelumnya, Jalinprov Riau menghubungkan Kabupaten Rohul-Duri Kabupaten Bengkalis sempat putus beberapa hari, karena jalan di daerah itu terendam banjir lebih dari 1 meter.

Akibat genangan banjir di jalan provinsi itu, berbagai jenis kendaraan, termasuk truk dari arah Rohul ke Duri dan sebaliknya sempat mengantre, tidak bisa lewat genangan banjir.

Di sisi lain sekitar 247 rumah yang masih terendam ada Desa Kasang Padang dan Desa Bonaidarussalam.

''Sudah tidak ada lagi korban banjir yang mengungsi. Semua korban sudah kembali ke rumah dan mereka sudah mulai membersihkan rumahnya masing-masing," kata Aceng Herdiana dan mengakui seluruh korban banjir telah mendapatkan bantuan dari Pemkab Rohul diberikan melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Rohul.

"Namun kami masih mengharapkan agar pelaku usaha dan perusahaan menyalurkan bantuan untuk korban banjir," ujar dia, kemudian mengungkapkan sesuai Surat Keputusan, siaga bencana banjir dilakukan Pemkab Rohul terhitung hingga 31 Desember 2014 akan datang.

"BPBD Rokan Hulu akan tetap siaga sampai tanggal 31 Desember," jelas Aceng, selaian ratusan rumah warga di dua desa di Bonaidarussalam yang masih terendam, Jalinprov Riau di daerah itu sudah pulih, dapat dilalui kendaraan. (ram)