JAKARTA - Kehadiran generasi terbaru Honda Civic Type R yang memiliki desain lebih agresif, rupanya mampu membuat konsumen terpikat. Hal ini ditandai slot pemesanan yang kian membludak dari hari ke hari.

Alhasil, melihat animo yang begitu banyak tersebut, Honda, terpaksa harus menangguhkan pemesanan model tersebut untuk sementara waktu. Atas kondisi yang tidak mengenakkan tersebut, Jemana Jepang ini meminta maaf karena harus melakukan langkah ini lantaran inden yang harus dilalui oleh konsumen bisa lebih dari satu tahun.

Adapun salah satu penyebab lambatnya proses produksi tersebut, dikarenakan langkanya ketersediaan komponen semikonduktor yang tak kunjung usai. "Sejak diluncurkan, Civic Type R telah diterima dengan baik oleh pelanggan, dan kami telah menerima banyak pesanan. Di sisi lain, karena dampak penyebaran infeksi virus corona baru, kekurangan semikonduktor yang kronis, kedatangan suku cadang yang tidak stabil, dan keterlambatan logistik, sulit untuk memperkirakan produksi di masa mendatang," tulis pernyataan perusahaan pada laman web mereka.

Mengenai produksi Honda Civic Type R sendiri, model ini diproduksi di pabrik Yorii di Saitama, Jepang. Sedangkan untuk proses produksi mesinnya, dilakukan di pabrik Honda yang terletak di Ohio.

Sementara itu, Honda Amerika, melalui juru bicaranya, Chris Naughton, menjelaskan bahwa untuk proses produksi mesin tidak terpengaruh terkait kendala yang dialami oleh Honda Jepang. "Pasar Jepang berbeda karena pelanggan di sana memesan langsung melalui Honda Motor atau dealer mereka. Di Amerika Serikat kami mengalokasikan produksi ke dealer, dan mereka menjual ke konsumen. Produksi Type R telah dialokasikan di Amerika Serikat sejak awal dalam jumlah terbatas, dan itu terus berlanjut," jelas Chris, seperti dilansir Carscoops.

Model Honda Civic Type R diperkenalkan pertama kali pada Juli 2022, menjanjikan banyak perbaikan kecil dibandingkan versi terdahulunya. Generasi keenam dari model ini, mengandalkan mesin 2.0 liter turbocharged menghasilkan tenaga sebesar 326 tk dengan torsi puncak 420 Nm dan tenaga tersebut disalurkan ke roda depan secara penuh dan dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan.

Setelah secara resmi diperkenalkan tersebut, model ini langsung mendapat perhatian yang begitu tinggi dari semua konsumen di seluruh belahan dunia.***