BILA-- anda merasa terganggu oleh kehadiran banyak lalat di rumah, ada beberapa bahan yang biasa tersedia di dapur bisa dimanfaatkan untuk mengusirnya.

Dikutip dari Kompas.com yang melandir Times if India, berikut 7 bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.

1. Kemangi

Selain dapat menambah citarasa masakan, ternyata kemangi juga dapat menjadi bahan yang ampuh untuk mengusir lalat. Tanam kemangi di pot, kemudian letakkan di area rumah yang banyak dihinggapi lalat.

2. Jahe

Selain ampuh membasmi nyamuk, jahe juga efektif mengusir lalat dari rumah. Caranya, campurkan satu sendok teh bubuk jahe kering dengan satu gelas air, aduk hingga tercampur rata.

Masukkan larutan jahe ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan ke area rumah agar lalat segera pergi.

3. Kulit jeruk

Gantung kulit jeruk yang telah diikat dengan kain muslin di area rumah yang didatangi banyak lalat. Dalam sekejap, lalat pun akan pergi dan rumah kembali nyaman.

4. Garam dan merica

Masukkan garam dan merica ke dalam dua gelas air yang telah direbus. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Setelah didinginkan, masukkan larutan ke dalam botol semprot. Semprotkan ke area rumah agar lalat pergi. Gunakan pelindung mata agar tetap aman saat melakukannya.

5. Cuka

Cuka termasuk bahan yang dapat membasmi lalat di rumah secara efektif. Bahan ini pun mudah ditemukan dan dapat dibeli dengan harga yang murah.

Campurkan dua cangkir cuka putih, satu sendok makan minyak kayu putih, dan secangkir air dingin. Setelah itu, masukkan larutan ke dalam wadah semprot kemudian semprotkan ke area rumah yang sering dikerubung lalat.

6. Minyak serai

Selain garam dan kunyit, bahan alami pembasmi lalat selanjutnya adalah minyak serai. Bahan ini mudah ditemukan, naik di pasar tradisional maupun di supermarket.

Masukkan beberapa tetes minyak serai ke dalam segelas air, kemudian aduk hingga tercampur. Semprotkan di area rumah yang dipenuhi lalat.

7. Garam dan kunyit

Bahan alami pembasmi lalat di rumah yang berikutnya adalah garam dan kunyit. Taburkan garam dan kunyit di tempat yang sering didatangi lalat, seperti teras atau dapur.***