PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengumumkan peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemprov Riau Tahun 2019 yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Hasilnya dari 8.046 peserta yang telah mendaftar, hanya 6.158 peserta yang dinyatakan lulus seleksi tahap awal ini.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Riau Nomor 205/PENG/2019 tentang kelulusan seleksi administrasi CPNS di lingkungan Pemprov Riau, diketahui bahwa rincian dari 6.157 pelamar CPNS yang lulus administrasi tersebut, yaitu terdiri dari formasi tenaga pendidik sebanyak 3.600 peserta, formasi tenaga kesehatan 493 peserta dan formasi tenaga teknis 2.064 peserta yang lulus administrasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, bahwa peserta CPNS yang nomor registrasi dan namanya tidak tercantum dalam lampiran pengumuman ini dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi. Dan alasan ketidaklulusan dapat dilihat melalui akun masing-masing pada laman https://sscasn.bkn.go.id.

"Ada sebanyak 6.157 pelamar CPNS yang lulus administrasi. Sedangkan yang tidak lulus juga memiliki hak untuk melakukan sanggahan. Dan kami memberikan waktu selama tiga hari untuk melakukan sanggahan mulai tanggal 17 Desember sampai 19 Desember. Silahkan di lihat di situs saat melamar," kata Ikhwan di Pekanbaru, Senin (16/12/2019) sore.

Ia pun menjelaskan tentang ketentuan dalam masa sanggah adalah pelamar melakukan sanggahan melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dan tidak diperbolehkan memperbarui atau memperbaiki dokumen yang telah diunggah. Apabila pelamar mengajukan sanggah lewat dari 3 hari sebagaimana diatur pada poin 2, maka Panitia Pelaksanaan Seleksi CPNS menolak pengajuan sanggahan tersebut.

"Kalau sanggahan pelamar diterima, Pansel CPNS mengumumkan ulang hasil verifikasi administrasi paling lama 7 hari setelah berakhirnya waktu pengajuan sanggah," ujarnya.

Sementara itu, bagi peserya yang dinyatakan lulus seleksi administrasi ungkap Ikhwan, wajib mencetak Nomor Kartu Ujian berwarna (tidak boleh hitam putih) di website https://sscasn.bkn.go.id. Dan Jadwal dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar akan ditentukan kemudian dan dapat dilihat melalui website https://bkd.riau.go.id.

"Jadi bagi seluruh pelamar untuk tetap selalu memantau perkembangan informasi seleksi CPNS di lingkungan Pemprov Riau melalui website, jangan sampai lalu dalam membaca pengumuman," tegasnya.

Untuk langkah selanjutnya, para peserta kembali akan melanjutkan proses seleksi lainnya, dimana sesuai jadwal pengumuman seleksi administrasi 16 Desember. Masa sanggah 17-19 Desember, pengumuman hasil sanggah 26 Desember. Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar 27 Januari sampai 28 Februari 2020.

Pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar 22-23 Maret, pelaksanaan seleksi kompetensi bidang 25 Maret sampai 10 April, penyampaian hasil seleksi 27-30 April. Dan pengumuman hasil 1 Mei 2020, selanjutnya usulan penetapan Nomor Induk Pegawai 1 Mei sampai 15 Juni 2020.

Untuk diketahui Provinsi Riau pada tahun 2019 ini menerima sebanyak 271 formasi, diantaranya, 170 tenaga pendidikan, 22 tenaga kesehatan, dan 79 tenaga teknis. ***