BENGKALIS, GORIAU.COM - Camat Bukit Batu Muhammad Fadlul Wajdi, Selasa (31/3/2015) siang, mengambil sumpah dan melantik Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Dompas, Buruk Bakul, Parit I Api-Api, Sepahat dan Api-Api yang dipusatkan di Desa Api-Api.

Kelima Pj Kades yang diambil sumpah dan dilantik mantan Sekretaris Kecamatan Mandau itu, Taufik Hidayat (Dompas), Rafendi (Buruk Bakul), Nurzaman (Parit I Api-Api), Muhammad Ali (Sepahat) dan Sarlan (Api-Api).

Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh yang juga menghadiri pelantikan kelima Pj Kades itu mengatakan, meskipun sifatnya sementara, seorang Pj Kades memiliki tanggungjawab yang sama sebagaimana Kades defenitif. Begitu pula tugas, wewenang, hak dan kewajibannya.

''Seorang Pj Kades juga harus menjadi panutan, teladan dan bekerja keras untuk masyarakat seperti Kades defenitif. Harus dapat menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa dengan sebaik-baiknya,'' pesan Bupati.

Ditambahkan Bupati yang bergelar adat Setia Amanah Junjungan Negeri ini, seorang Kades merupakan salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah. Maka, seluruh kepada kelima Pj Kades itu Herliyan juga mengingatkan agar aspiratif, kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi dan kondisi masyarakatnya.

''Tumbuhkembangkan terus partisipasi dan peranserta aktif masyarakat di desa masing-masing. Karena, salah satu ukuran keberhasilan pembangunan itu adalah meningkatnya partisipasi dan swadaya masyarakat dari waktu ke waktu, bukan sebaliknya,'' papar Herliyan.

Sempena menghadiri pelantikan kelima Pj Kades itu, orang nomor satu di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini juga menyerahkan bantuan 5 unit ambulance untuk Puskesmas UPTD Kesehatan Sungai Pakning, Desa Sungai Selari, Dompas, Api-Api, dan Parit I Api-Api.

Kemudian, secara simbolis menyerahkan kunci rumah layak huni dan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah kepada warga yang berhak menerimanya.

Selain Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa H Ismail, ikut menghadiri kegiatan yang dipusatkan di lapangan sepakbola Api-Api itu, diantaranya Sekretaris Daerah H Burhanuddin, Kadispenda H Umran, Kadis Kesehatan M Syukri, dan Kadis Tata Kota, Tata Ruang dan Pemukiman Emri Juli Harnis. (ail)