TEMBILAHAN -Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Desa Sungai Rabit, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau terjadi sejak, Sabtu (27/2/2021).

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama aparat TNI dan Polri serta Masyarakat Peduli Api (MPA), masih berjibaku melakukan pemadaman hingga Minggu (28/2/2021).

Kepala Kepolisian Resor Indragiri Hilir, AKBP Dyan Setyawan, luas lahan yang terbakar di SK 25 dan SK 26 Dusun Jasa Bina Utama, Desa Sungai Rabit, sekitar lima hektare.

"Mengingat lokasi kebakaran cukup luas, BPBD dan TNI upayakan pemadaman di lokasi SK 25, sedangkan tugas Polres Inhil di SK 26 bersama MPA serta PT SRL," terangnya.

Disebutkannya, sebanyak 40 personel kepolisian, 30 anggota Masyarakat Peduli Api (MPA), 10 petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah, enam personel PT SRL, serta aparat TNI dan anggota Anak Muda Milenial Indonesia (AMMI) terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran lahan.

"Kami akan lakukan pemadaman sehingga benar-benar tidak ada lagi titik panas. Pantang pulang sebelum padam," tandasnya.

Dyan mengimbau warga tidak membuka lahan dengan cara membakar karena tindakan itu bisa menimbulkan kebakaran dalam skala luas pada musim kemarau seperti sekarang. Masyarakat agar bijak dalam membuka lahan.

"Kalau dibakar kan menimbulkan polusi udara dan sangat merugikan kita semua dengan mengganggu kesehatan, apalagi tanah gambut sudah kering itu sangat cepat merambat," tukasnya.***