PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebanyak 41 orang atlet panjat tebing Pekanbaru, Riau, turun pada kompetisi Wall Climbing (panjat tebing) 2015, yang dihelat di arena papan tebing Purna MTQ. Mereka terdiri dari club panjat tebing se-Pekanbaru.

Kompetisi wall climbing ini dilaksanakan untuk mempersiapkan kemampuan atlet yang nanti akan diterjunkan dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panjat Tebing Provinsi Riau tahun 2016. Kompetisi pemanasan ini, digelar oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Pekanbaru.

"Ini dilaksanakan hingga Maret 2016. Nanti sistem penilaiannya juga berdasarkan sirkuit panjat tebing, dimana kejuaraannya dibuat tiga kali, dalam rentang tiga hari kedepan. Untuk pelaksanaan pertandingan secara resmi diselenggarakan hari ini, Jumat (2/1/2015)," kata Sekretaris Umum, Sri Wahyu Utami, melalui Ketua Umum FPTI Kota Pekanbaru, Ade Arnas.

Untuk sirkuit dua, sambungnya, dilaksanakan pada Bulan Desember mendatang, dan dilanjutkan sirkuit terakhir pada bulan Maret 2016. Untuk sistem penilaiannya dilakukan berdasarkan akumulasi hasil dari tiga sirkuit tersebut. LKejuaraan ini juga sebagai rangkaian dari seleksi cabang (selekcab) untuk persiapan tim pelatcab 2016 menuju kejurda 2016 nanti," katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kompetisi, Rio Harminto menjelaskan, kejuaraan diikuti oleh atlet panjat tebing senior dan junior Kota Pekanbaru, yang nantinya berkompetisi dalam lima nomor pertandingan, yakni Lead Umum Putra/Putri, Lead Kategori Umur (pelajar) Putra/Putri, dan Lead Spider Kid (junior) putra.

Ia menambahkan, ada sebanyak 41 peserta yang bertanding. Mereka merupakan utusan dari klub-klub panjat tebing se-Kota Pekanbaru, yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa. Bahkan ada enam atlet panjat tebing senior Kota Pekanbaru yang juga ikut bertanding. (had)