BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Riau berupaya meningkatkan sumberdaya manusia terutama untuk penyelenggara pemerintahan. Salah satunya dengan menggelar palatihan kepemimpinan administratir untuk pejabat struktural eselon III.

''Dengan adanya pelatihan kepemimpinan ini diharapkan skill individu dan menajemen dalam sistem kepegawaian pejabat struktural eselon lll memiliki peranan menentukan dalam menjabarkan visi dan misi instansi serta para pemimpin dan seluruh stakeholder strategis dapat melaksanakan program secara efektif dan efisien," ujar Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong, Jumat (27/5/2022) saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator di lingkungan Pemkab Rohil tahun anggaran 2022.

Diklat dilaksanakan di lantai empat Kantor BPKAD Jalan Merdeka Bagansiapiapi dan juga dihadiri Wakil Bupati H Sulaiman SS MH, Sekda Rohil Fery H Parya, Widyaiswara Provinsi Riau Drs Surya Arfan MSi, Kepala BKPSDM Rohil Drs Aisrin dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohil.

''Harapan kita masyarakat merasa puas atas pelayanan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Rohil yang dijalankan pejabat struktural. Karenanya, Pemkab memandang perlu dan wajib mengadakan pelatihan kepemimpinan administrator untuk pejabat struktural eselon III," tegas politisi Partai Golkar ini.

Pelatihan kepemimpinan administrator adalah diklat yang memberikan wawasan, pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan perilaku dalam bidang kepemimpinan aparatur sehingga mencapai persyaratan kompetensi dalam jenjang jabatan struktural tertentu.

"Diklat ini bertujuan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah sesuai jabatan struktural eselon lll dan memiliki kesamaan pola pikir dinamis, memiliki wawasan pengetahuan komprehensif dan semangat pengabdian berorientasi kepada pelayanan prima dan pengembangan partisipasi masyarakat,'' ucap Afrizal Sintong.

Afrizal Sintong didampingi H Sulaiman SS MH menyebutkan dengan dikeluarkannya Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor: 16 Tahun 2019 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Administrator maka penyelenggaraan pelatihan tahun ini merupakan pola diklat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Karena perubahan signifikan cara pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan leadership birokrasi di sektor publik terutama dalam menyumbang inovasi dan perubahan di instansi masing-masing.

Berdasarkan hal tersebut, tambahnya, Pemerintah Kabupaten Rohil perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang mempunyai wawasan luas dan pola pikir yang dinamis serta bertanggung jawab terhadap amanah yang dibebankan di masing-masing OPD.

Dalam kesempatan itu bupati juga menyampaikan bahwa pada hakikatnya pemerintah memiliki tiga tugas pokok utama yaitu, memberikan pelayanan kepada masyarakat, pemberdayaan masyarakat agar bisa mandiri serta melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk melaksanakan tugas pemerintahan tersebut tentu saja pemerintah harus ditopang oleh sumber daya aparatur yang cerdas terampil dan berpengetahuan, yang dapat bekerja keras dan mengutamakan solidaritas prinsip pada pemenuhan kepentingan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Rohil Aisrin menyebutkan Pelatihan Kepemimpinan Administrator diikuti 40 peserta. ''Seluruh peserta berasal dari dinas, badan, RSUD Protomo, Puskesmas dan kantor camat," sebut Aisrin.

''Kegiatan ini merupakan jabatan struktural pejabat admistrator dari instansi dan diselenggarakan Pemkab Rohil bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Riau,'' sebut Kepala BKDESDM Rohil ini.

Aisrin menambahkan, pelatihan dilaksanakan dari 27 Mei 2022 sampai 3 September 2022.

Dengan dilaksanakannya pelatihan itu, Aisrin berharap kedepan sebagai pejabat administrator dapat memberikan kontribusi minimal dalam pelaksanaan tugas harian dalam mengelola manajemen pemerintahan untuk menuju good government.

"Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat bagi pejabat admistrator yang berada di lingkungan Pemkab Rohil,'' sebutnya. ***