BAGANSIAPIAPI - Tim Satgas Karhutla yang dipimpinan Letda Arh Ratno bersama Polri, BPDB, PT Jatim Jaya Perkasa, PT RLS dengan perlengkapan pemadam api melakukan pemadaman dan pendinginan di areal 54 hektare lahan gambut kebun masyarakat yang terbakar Selasa (17/9/2019).

Dari Posko pemadam kebakaran, personil gabungan harus berjalan kaki sejauh 2,5 kilometer. ''62 personil di lapangan, gabungan, jadi bersama-sama memadamkan api, tidak hanya di Kubu, juga di daerah lain,'' ucap Letda Arh Ratno.

Titik api yang muncul dari kebakaran lahan dan kebun masyarakat hampir 54 hektare sejak beberapa waktu lalu dengan peralatan dan keterbatasan namun tak membuat tim gabungan gentar. ''Kita tetap berupaya optimal memadamkan api,'' ucap Retno.

Hingga Selasa (17/9/2019), karhutla masih menghantui masyarakat karena kondisi kabut asap semakin tebal. ''Kita doakan karhutla ini teratasi,'' ucap Kamil (45), warga Bagansiapiapi saat dimintai komentarnya. ''Tangkap dan penjarakan pelaku karhutla,'' mintanya.

Kondisi terkini di Rohil, kabut asap sangat mengganggu aktifitas dan kesehatan masyarakat termasuk diliburkanya anak sekolah dalam batas waktu yang belum ditentukan. ***