TELUKKUANTAN - Arah pembangunan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada tahun 2019 mendatang lebih difokuskan kepada ekonomi rakyat.

Hal itu disampaikan Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, MSi saat membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kuansing 2019, Selasa (6/3/2018) pagi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing.

"Arah kebijakan pembangunan difokuskan kepada ekonomi rakyat. Dimana, setiap pembangunan yang kita laksanakan harus mampu menggerakkan perekonomian masyarakat," ujar Mursini.

Dalam mencapai target tersebut, Mursini menguraikan beberapa indikator yang harus tercapai. Diantaranya, pemerataan pembangunan dan pemerataan kesejahteraan sosial.

Mursini meminta agar setiap OPD menyusun kegiatan pembangunan sesuai dengan skala prioritas pembangunan. Hal itu dilakukan mengingat semakin menurunnya pendapatan daerah.

"Tahun 2017 saja, terjadi defisit anggaran membuat kita menanggung utang ke rekanan. Karena itu, kita harus bisa menganalisa dengan benar sehingga asumsi tidak salah," papar Mursini.

Mengembangkan perekonomian masyarakat merupakan salah satu misi Mursini - Halim dalam membangun Kuansing. Dalam misi ke-3, Mursini - Halim bertekad mengembangkan perekonomian masyarakat yang mandiri dan berdaya saing guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat berbasis pertanian dan pariwisata.

"Melalui kegiatan ini, hendaknya apa yang menjadi cita-cita kita tercapai, tentunya akan menjadi program prioritas," ucap Mursini.

Menurut Mursini, forum konsultasi publik sangat penting dalam penyusunan RKPD. Selain forum konsultasi publik, Musrenbang dan pokok pikiran DPRD juga menjadi dasar penyusunan RKPD.

Forum konsultasi publik ini dihadiri oleh Kasi Datun Kejari Kuansing Effendy Zarkasyi, Plt Sekda Muharlius dan sejumlah anggota DPRD Kuansing serta tokoh masyarakat Kuansing.***