PEKANBARU - Nasional Paralimpic Comitte (NPC) Riau tengah mempersiapkan 10 atletnya untuk berlaga di ajang Asian Paragames tahun 2022. Asian Paragames tahun 2022 ini dijadwalkan akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah pada 20 hingga 31 Juli.

"Hal ini membuktikan prestasi atlet paralimpian Riau cukup diperhitungkan dalam membawa nama negara di ajang internasional," Ketua umum NPC Riau, Jaya Kusuma, Sabtu (14/5/2022).

Lanjut Jaya, kesebelas atlet Riau ini sudah mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) di Kota Solo sejak Januari 2022 ini.

Ada 10 atlet riau yang akan turun di ajang asian para games yakni Suci, Rino, Zaki, Ramatullah, dan Geri dari cabang renang. Suparniati dan Tiwa dari atletik. Kemudian, Leli Marlina tenis meja, Herbin cabang judo serta Martin Losu cabang balab sepeda.

Sementara itu ada 1 atlet panahan Riau yang saat ini juga tengah menjalani seleksi Asian Para Games. "Saya berharap M Yani bisa lolos seleksi dan memperkuat amunisi merah putih di ajang asian paragames nantinya," harapnya.

Ada sebanyak 14 cabang olahraga bakal dipertandingkan dalam kejuaraan multi event untuk atlet disabilitas tersebut.

14 cabang olahraga yakni atletik, boccia, panahan, judo, angkat berat, renang, tenis meja, tenis lapangan, catur, lawn bowls, bulu tangkis, balap sepeda, menembak dan ditambah voli duduk.

Indonesia sebagai tuan rumah akan menurunkan sekitar 200 atlet mengikuti semua cabang olahraga yang dipertandingkan. ***