SELATPANJANG - Kepulauan Meranti mengirim 70 warganya yang ahli dalam bidang masak memasak panganan berbahan dasar sagu ke Pekanbaru, Riau. Mereka dikirim dalam rangka upaya memecahkan rekor Muri dengan 350 panganan berbahan dasar sagu.

Informasi ini sebagaimana disampaikan langsung oleh Kabag Humas Setdakab Kepulauan Meranti Helfandi SE MSi, Senin (24/10/2016).

"Mereka akan memasak secara langsung panganan untuk pemecahan rekor muri variasi makanan dan minuman berbahan sagu terbanyak di Indonesia," ujar Helfandi di halaman Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru.

Kata Helfandi lagi, tercatat sebanyak 300 macam makanan sampai minuman telah disiapkan ibu-ibu juru masak ini. Ditambah 50 varian olahan sagu oleh Asosiasi Perusahaan Jasa Bogo Indonesia (APJI) Riau.

Di tempat sama, Kadisparekraf Fahmizal mengatakan mereka optimis penghargaan (pemecahan, red) Muri itu dapat diraih.

Baca Juga: Kepulauan Meranti Disarankan Punya Gerakan Sehari Makan Sagu

Menariknya dalam acara itu, Kepulauan Meranti juga menampilkan sebuah pondokan (pojok rokok, red) yang mana materialnya terbuat batang sagu. Dindingnya dibuat dari uyung sagu (Kulit Batang), pelepah, bintit dan atap daun rumbia.

Agar bangunan pojok rokok ini sesuai dengan aslinya, panitia mendatangkan langsung tokoh sagu berasal dari Tebingtinggi Timur, salah satu kecamatan penghasil terbanyak sagu.

"Pembangunan pojok rokok ini prakarsai langsung oleh para tokoh dari t3 karena kita menginginkan pokok sagu ini benar2. Tampak asli dan bisa menjadi icon," kata laki-laki berkacamata yang kemarin menjadi Camat di 3T. *** #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini