RENGAT, GORIAU.COM-PT Pertamina EP Field Lirik menyerahkan 242 kacamatan gratis kepada para pelajar SD, SMP dan SMA sederajat dari 23 sekolah di Kecamatan Lirik, Kabupaten Inhu, Jumat (25/10/2013), bertempat di Komplek Bumi Perkemahan Lirik. Penyerahan kacamata gratis ini merupakan bagian dari program Coorporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Bright With Pertamina.

Selain pemberian kacamata gratis, Pertamina EP Field Lirik juga memberikan bantuan 15 unit komputer untuk sekolah di Kecamatan Lirik serta pemberian beasiswa senilai Rp 400 ribu terhadap 42 siswa kurang mampu yang berasal dari Badan Amil Zakat Pertamina (BAZMA).''Bantuan kacamata gratis serta komputer ini merupakan program CSR PT Pertamina EP di bidang pendidikan. Ini merupakan tahun kedua kita melaksanakan program ini. Tahun ini, pelajar ataupun sekolah yang menerima bantuan berbeda dari tahun sebelumnya," ungkap Pjs Field Manajer Pertamina EP Lirik, Sukardi Djasiman.

Selain di Kecamatan Lirik, Kabupaten Inhu, PT Pertamina EP Field Lirik juga menyerahkan bantuan kacamata dan komputer untuk pelajar dan sekolah di Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan serta Buatan Kecamatan Koto Gasip, Kabupaten Siak.

"Di Kecamatan Ukui, PT Pertamina EP Field Lirik menyerahkan 93 kacamata dan 8 komputer. Sedangkan untuk daerah Buatan, Kecamatan Koto Gasip, diserahkan 65 kacamata dan 6 unit komputer. Sehingga total kacamata yang diserahkan PT Pertamina EP sebanyak 400 unit dan 29 komputer," ujar Sukardi.

Sebelum diberikan kacamata gratis, PT Pertamina EP Field Lirik terlebih dahulu melakukan pemeriksaan mata pada tanggal 2 hingga 10 Oktober 2013 lalu. Dari hasil pemeriksaan mata itulah baru diberikan kacamata secara gratis bagi para pelajar tersebut.

"Kami berharap dengan kacamata ini siswa dan siswi mampu mengatasi kendala dalam bejalar terutama yang berasal dari penglihatan. Sebab saat dilakukan pemeriksaan, banyak dari siswa dan siswi ini yang menganggap persoalan mata tersebut biasa, tetapi sesungguhnya akan berdampak pada proses belajar mengajar mereka baik di sekolah maupun di rumah," ungkapnya.

Begitu juga dengan bantuan komputer, Sukardi berharap dapat membantu siswa mengenal dan mampu mengoperaskan komputer sekaligus membantu sekolah dalam memperlancar proses administrasi. "Selain program CSR di Bidang Pendidikan, PT Pertamina EP Field Lirik juga memiliki program CSR di bidang kesehatan, lingkungan serta ekonomi kerakyatan," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kepedulian PT Pertamina EP Field Lirik terhadap pendidikan di Kabupaten Inhu. Kegiatan seperti ini pantas di tiru perusahaan lain.

Harman juga mengungkapkan bantuan komputer yang diberikan PT Pertamina EP Field Lirik ini akan bermanfaat bagi sekolah untuk berbagai keperluan administrasi maupun proses belajar mengajar. Apalagi saat ini Pemkab Inhu sudah melaksanakan Open Government Indonesia (OGI) yang salah satunya adalah penerapan Open School. "Mudah-mudahan untuk tahun depan, CSR Pertamina akan lebih meningkat untuk membantu masyarakat di Kabupaten Inhu," jelasnya. (Jef)