RENGAT - Ada yang menarik pada pesta politik pemilihan calon kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau kali ini, Sabtu (9/12/2017).

Jika biasanya calon kepala desa yang bertarung selalu bersaing ketat dan saling mencuri perhatian pemilih, namun tidak bagi kedua calon Kades Talang Mulia, Kecamatan Batang Cenaku ini. Keduanya terlihat santai dan saling dukung satu sama lain.

Bagai mana tidak, usut punya usut kedua calon Kades Talang Mulia itu, ternyata pasangan suami istri. Keduanya bernama, Solehan (calon urut 1) dan Een Setatun (calon urut 2).

Berdasarkan informasi yang didapat GoRiau.com, keduanya dinyatakan sebagai calon setelah panitia Pilkades melakukan penetapan.

Hal itu disebabkan karena tidak seorangpun dari warga setempat yang mendaftarakan diri sebagai calon kades untuk bersaing dengan Solehan, selaku calon incumbent.

Dengan demikian, agar Pilkades tetap bisa dilanjutkan, maka panitia menetapkan Een Setatun sebagai calon pada Pilkades Desa Talang Mulia itu, dan harus bersaing dengan suaminya untuk menasik simpati warga.

"Selama menjabat sebagai kades, pak Solehan sangat disukai warga. Sebagai pemimpin, dia sangat mengayomi. Terkait anggaran desa, dia selalu transparan," kata Wandi, warga setempat.

Dengan begitu, masyarakat kembali meminta pak Solehan meneruskan jabatannya sebagai kades. Sehingga tidak seorang warga yang bersedia mencalonkan diri, pungkasnya singkat.

Sementara itu, dihari pemungutan suara, warga dan panitia juga membuat hal unik untuk kedua calon kades mereka itu. Solehan dan Een Setatun, didandani mereka seperti pasangan pengantin baru. Merek juga didudukan di kursi layaknya pengantin menunggu kedatangan tamu.(Jef)