JAKARTA - Ledakan hebat terjadi gedung Pizza Hut Delivery (PHD) yang berlokasi di Jalan Raya Hankam RT 04/RW 05 Kelurahan Jatimelati, Kecamatan Pondokmelati, Kota Bekasi, Jawa Barat. Ledakan keras berasal dari tabung gas di dapur PHD, Minggu (23/10) sekitar pukul 06.20 WIB.

Dampak dari ledakan ini, sedikitnya enam bangunan di sekitar lokasi hancur berantakan.

Menurut keterangan saksi mata di lokasi, Sutriani (43), ledakan hebat ini menyebabkan gedung minimarket Alfamidi hancur berantakan, dua rumah kontrakan, satu rumah makan nasi padang, serta dua rumah di belakang Alfamidi ikut hancur.

"Dampak ledakan, ada sekitar enam bangunan di sekitar Pizza Hut, ikut hancur. Bahkan, ledakan tersebut menyebabkan pintu Pizza Hut terlempar hingga puluhan meter ke seberang jalan, kerangka besi pintu menimpa minibus," ujar Sutriani, Minggu (23/10).

Ledakan di dapur PHD yang berada di samping Alfamidi ini, memporakporandakan hampir seluruh isi barang di dalam Alfamidi. "Barang dagangan di Alfamidi terlempar keluar akibat ledakan Pizza Hut, lokasinya persis di samping Alfamidi," ungkapnya.

Tidak hanya itu, suara ledakan yang terdengar hingga radius 2 kilometer, membuat beberapa kaca pecah dan tembok rumah warga ikut rontok.

"Tembok rumah saya rontok, padahal jaraknya sekitar 500 meter lebih," katanya.

Tampak terlihat, satu minibus di depan Alfamidi rusak terkena ledakan. "Ada satu minibus yang lagi parkir di depan Alfamidi, rusak parah," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Pondokgede Kompol Sukadi, mengatakan sumber ledakan berasal dari tabung gas milik PHD yang meledak. "Korban ledakan yang terdata, seorang juru parkir Alfamidi," kata Sukadi.

Juru parkir Alfamidi diketahui bernama Jhon Hendri (49), telah dibawa ke rumah sakit terdekat. Menurut Sukadi, kejadian bermula sekitar pukul 06.20 WIB. Menurut saksi di lapangan, ledakkan terjadi dari dalam gedung PHD yang menghancurkan seluruh bangunan PHD dan sebagian gedung Alfamidi. Ledakan juga menghancurkan beberapa bangunan lainnya serta satu unit mobil yang parkir di depan Alfamidi.

"Hingga saat ini, kami masih mendata korban jiwa," ujarnya.

Saat ledakan terjadi terdapat tujuh karyawan Alfamidi yang berada di dalam namun tidak ada yang luka.

Akibat insiden ini, kepolisian mengalihkan arus lalu lintas. Bagi pengendara yang melintas di sekitar lokasi akan dialihkan ke Jalan Raya Kampung Sawah.

"Arus lalu lintas dialihkan, bagi pengendara yang melintas dari tol Jatiwaringin atau Pondokgede dialihkan ke Kampung Sawah melintasi pinggir Tol JORR. Lalu, kendaraan dari arah Ujung Aspal juga dialihkan ke Kampung Sawah, untuk menghindari lokasi ledakan. Kami telah memasang garis polisi. Secepatnya akan dilakukaan olah TKP," pungkasnya.

Saat ini, listrik pun sudah dipadamkam dan kepolisian masih melakukan sterilisasi di sekitar lokasi. ***