JAKARTA - Amien Rais tak khawatir lagi. Itu karena dia mendapat kepastian bahwa PAN tidak akan meminta kursi menteri ke Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Dewan Kehormatan PAN itu mengungkapkan kelegaannya saat peringatan HUT ke-21 PAN di Kolong Tol Pejagalan, Jl Jembatan Tiga Raya, Pluit, Jakarta Utara, Jumat (23/8/2019).

Amien menceritakan momen Ketum PAN, Zulkifli Hasan, membisikinya."Tadi saya dibisiki oleh Pak Ketua Umum bahwa nanti PAN tidak ikut dalam kabinet yang akan datang," kata Amien.

Amien mengatakan kabar itu cukup melegakan. Menurutnya, PAN kini siap mengawasi kinerja pemerintahan Jokowi dari luar."Jadi insyaallah kita di luar akan memberikan masukan kritik koreksi kalau keliru. Tapi juga dorongan support kalau jalannya sudah benar. Jadi ini sesuatu yang jelas dan cukup melegakan," ujar Amien.

Bagaimana penjelasan Ketua Umum Zuklifi Hasan?

Zulkifli mengatakan hal senada. Ia mengatakan koalisi pemerintahan Jokowi sudah sangat kuat sehingga tak perlu lagi PAN ikut dalam kabinet."Tadi saya sampaikan ke Pak Amien, 'Pak, ini orang-orang PAN banyak yang sampaikan oposisi'. Saya bilang 'di sana sudah, sudah jelas mereka memang sudah kuat, sudah cukup'," kata Zulkifli.

Dia memandang tak perlu lagi bagi PAN ikut dalam kabinet Jokowi tersebut. Namun, Zulhas memastikan PAN akan tetap mendukung pemerintahan Jokowi tanpa syarat.

"Jadi kita mendukung-mendukung saja, tidak pakai syarat. Kita dukung saja agar Pak Jokowi pemerintahannya sukses, apalagi menghadapi persoalan-persoalan berat seperti sekarang ini," ujarnya.

Zulkifli menegaskan PAN tidak pernah meminta jatah menteri kepada Jokowi. Meski demikian, PAN siap mendukung apapun kebijakan pemerintah Jokowi."Jadi tidak ada kami minta menteri, minta ini tidak ada sama sekali. Jadi kita dukung agar pemerintah sukses, kebijakan-kebijakannya untuk Papua kita akan dukung," sebut Ketua MPR ini.***