BANJARMASIN – Menghadapi tuan rumah PSS Sleman dalam lanjutan pekan ke-11 Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019 pada Sabtu (27/7/2019) mendatang, Barito Putera dipastikan tidak akan diperkuat penyerang andalannya, Rafael Silva. Bomber asal Brasil itu harus menepi karena menjalani hukuman akumulasi kartu.

Rafael Silva mendapatkan kartu kuning pertamanya di laga pembuka dan kedua Barito Putera kontra Persija Jakarta dan Madura United di Stadion 17 Mei. Sedangkan di laga terakhir kontra Persela Lamongan di Stadion Demang Lehman, Rafael kembali diganjar kartu kuning pada menit ke-47.

Absennya Rafael tentu menjadi kerugian bagi Laskar Antasari. Pasalnya, eks penyerang Dalian Transcendence tampil menjadi pencetak gol terbanyak untuk Barito Putera hingga saat ini. Hingga pekan ke-10 lalu, ia telah mengoleksi enam gol. Terbanyak dibandingkan pemain Barito lain dan menjadi pesaing di deretan top skor Shopee Liga 1 musim ini.

Bahkan, ketergantungan Barito dengan Rafael terlihat dari jumlah laga yang ia mainkan. Rafael tak pernah sekalipun absen dalam setiap laga Barito. Dari 10 pertandingan yang dijalani, delapan kali tampil sebagai starter dan dua kali sebagai pemain pengganti dengan durasi bermain sebanyak 795 menit.

Melihat kondisi ini pelatih Barito Putera, Yunan Helmi mengatakan sudah menyiapkan pengganti. "Di lini depan Barito saat ini masih ada beberapa pemain bertipe menyerang yang bisa menggantikan posisi Rafael seperti Samsul Arif, Gavin Kwan dan Prisca yang bisa menjadi solusi lain," ucap Yunan.

Meski tak bisa membela Barito di Yogyakarta nanti, Rafael mengaku akan terus memberikan dukungan dan support kepada seluruh pemain yang bertanding. "Saya percaya dengan kemampuan pemain lain, saya harap mereka kembali mampu menampilkan permainan maksimal di atas lapangan," pungkasnya. ***