PEKANBARU - Sudah lebih dari satu semester lamanya, pandemi Covid-19 tak kunjung beranjak dari Kota Pekanbaru, Ibu Kota Provinsi Riau ini. Angka penularan Covid-19 juga masih tinggi, sehingga pemerintah meminta agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan prinsip 4 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

Protokol kesehatan itu senantiasa diterapkan oleh KONI Kota Pekanbaru, terutama untuk menjaga kesehatan para atletnya agar aman dari penyakit yang disebabkan virus Corona tersebut. Namun, disamping itu KONI Kota Pekanbaru punya tips lain agar kebugaran atlet-atlet nya tetap terjaga.

"Kita mewajibkan semua atlet kita untuk mengikuti protokol kesehatan. Tetapi disamping 4 M, kita menambahkan satu M lagi, yaitu menjaga imunitas agar kebugaran selalu terjaga," ujar Ketua KONI Kota Pekanbaru, Anis Murzil, Jumat, (16/10/2020).

Anis menjelaskan, tips menjaga imunitas tubuh ini juga dapat diterapkan masyarakat umum. Hanya dengan tiga langkah rutin dilakukan setiap hari, kebugaran pun akan selalu terjaga.

"Menjaga imunitas tubuh itu kita lakukan dengan olahraga di bawah sinar matahari, saat masih jam 08.00 WIB sampai jam 09.00 WIB, menjaga latihan secara rutin, mengkonsumsi makanan sehat dan vitamin c," paparnya.

Anis menjelaskan, menjaga imunitas untuk kebugaran tubuh saat ini sangat penting. Apalagi, dengan adanya kebijakan pemerintah yang mengatur pembatasan kegiatan keolahragaan.

"Karena saat ini pandemi Covid-19, adanya kebijakan pemerintah yang mengatur pembatasan kegiatan keolahragaan, baik dalam bentuk latihan kelompok maupun pengadaan kejuaraan. Jadi disamping latihan mandiri, penting untuk mengikuti protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh," pungkasnya.***