NUSA DUA - Pebulutangkis tunggal putri asal Singapura, Yeo Jia Min gagal meraih kemenangan  dalam pertandingan pertama ajang BWF World Tour Finals 2021. Yeo tidak mampu menjinakkan permainan pebulutangis Jepang yang unggulan kedua, Akane Yamaguchi 11-21, 14-21 dalam tempo 34 menit.

Bermain di grup B tunggal putri, Yeo sudah tertekan sejak gim pertama. Permainan Akane yang begitu solid dan menguasai lapangan secara maksimal, membuat Yeo tak mampu mengejar ketertinggalan dalam pertandingan di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Rabu (1/12/2021).


Setelah interval pertama, Yeo malah kerap melakukan kesalahan. Dia juga terlihat tidak sabar dalam menempatkan shuttlecock ke daerah terbuka milik Akane.

Pada gim kedua, Yeo sebenarnya punya peluang untuk membalikkan keadaan menyusul Akane kerap melakukan kesalahan sendiri. Namun berkat pengalaman dan kesabaran, Akane bisa membalikan keadaan untuk memimpin pertandingan.

"Akane begitu konsisten dan fokus dalam melakukan serangan. Saya gagal memanfaatkan momentum yang ada," ujar Yeo.

Fokus dari Yeo pun mulai menurun hingga tak mampu memperkecil margin skor dengan lawannya. "Saya kecewa dengan sitasi ini, tapi saya harus berpikir positif untuk pertandingan berikutnya," imbuh finalis Hylo Jerman Terbuka 2021 ini.

Skor pertemuan keduanya masih dengan keunggulan Akane 3-1. Pada gelaran BWF World Tour Finals 2019, Yeo justru bisa mengalahkan Akane dalam tiga gim. Di Indonesia Open pekan lalu, Yeo menelan kekalahan dua gim lawan Akane.

Yeo dan Akane berada dalam Grup B bersama An Se Young (Korea Selatan) dan Busanan Ongbamrungphan (Thailand). ***