NUSA DUA - Pebulutangkis tunggal putri asal Korea Selatan, An Se Young melangkah ke babak kedua BWF Tour of Finals 2021. Pada laga babak pertama turnamen yang menggunakan format round robin ini, An dengan mudah menundukkan Wakil Thailand, Busanan Ongbamrungphan dengan skor 21-16, 21-5 dalam tempo 37 di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Rabu (1/12/2021).

An yang baru saja menjuarai Indonesia Masters dan Indonesia Open 2021 di lokasi yang sama, mengaku membawa semangat tanding lebih baik. Dia bertekad untuk menyempurnakan penampilannya dengan memenangi turnamen berhadiah total 1,5 juta dolar AS ini.

"Saya bermain bagus dan senang bisa menang. Setelah pekan lalu menang di Indonesia Open, bermain lebih semangat," ujar An usai berlaga.

Dalam bertanding, An nyaris tidak menemui perlawanan dari Busanan. Lawan lebih banyak terdikte dan melakukan kesalahan sendiri. An memanfaatkan kesempatan dalam tiap kesalahan lawan.

"Konsisten dan memanfaatkan kesempatan yang ada saja," imbuh An.

Sementara itu, di awal gim, Busanan mengaku masih beradaptasi dengan permainan lawan. Tetapi An terlalu tangguh untuk ditekan.

"An sangat solid dan pintar dalam memanfaatkan peluang yang ada," kata Busanan.

Dia menambahkan, dirinya berupaya fokus dan konsisten dalam mengimbangi permainan lawan. Hanya saja An lebih cepat bereaksi untuk menyelesaikan pertandingan.

"Saya memang kecewa dengan hasil ini. Tapi saya harus tetap berpikir positif dan tak boleh lengah," ujar Busanan.

Dari catatan yang ada, An belum terkalahkan dari tiga pertemuan melawan Busanan. Terakhir bertemu saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020 pada bulan Juli lalu. An dan Busanan berada di Grup B tunggal putri bersama Akane Yamaguchi (Jepang) berserta Yeo Jia Min (Singapura). ***