SELATPANJANG - Yayasan Permata Selatpanjang menggelar 'Sang Permata Awards ke-3 tahun 2020' sekaligus penyerahan izin operasional SMP IT Permata, pada Sabtu (22/2/2020).

Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti, Nuriman Khair yang didampingi Kabid Dikdas, Syafrizal, Firmansyah Putra dewan pembina yayasan Permata Selatpanjang, Kepala sekolah dari jenjang PAUD, TK, SD dan SMP IT, dan para guru serta wali murid di seluruh jenjang pendidikan.

Untuk menyemarakkan acara sang permata Award ke-3 tahun 2020 ini, dimeriahkan juga berupa lomba tahfidz mewarnai tingkat TK dan SD di lingkungan sekolah, maupun sekolah sederajat se-Kecamatan Tebingtinggi.

Ketua panitia Ustadz Wisnu Rahmadsyah dalan sambutanya mengatakan, agenda Sang Permata Award 2020 ini adalah agenda rutin yayasan Permata Selatpanjang dan sudah berjalan selama tiga tahun.

"Kegiatan ini ditujukan sebagai bentuk apresiasi pihak yayasan Permata Selatpanjang kepada ananda atau anak didik di berbagai jenjang tingkatan," ujarnya.

Dijelaskannya, penghargaan atau apresiasi ini tentunya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individual anak didik. Dan agenda ini menunjukan bahwa setiap anak didik punya keahlian masing-masing sesuai kemampuan dan karakternya.

"Agenda ini juga bisa dijadikan sebagai penyemangat bagi ayah bunda dalam meningkatkan prestasi anak-anaknya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Permata Selatpanjang, Erma Suryani S.Pd dalam sambutanya menyampaikan selain agenda Sang Permata Award,Yayasan Permata Selatpanjang juga akan menerima secara simbolis penyerahan izin operasional SMP IT Permata oleh dinas pendidikan.

Lanjut Erma, acara ini sudah menjadi agenda yayasan Permata Selatpanjang dan sudah berlangsung tiga tahun, tentunya berkat partisipasi warga dan wali murid yang ada di sekolah ini.

Ditambahkannya, permata aword ini bisa memberikan pola pandang kepada orang tua wali murid, kemana arah anak-anak akan menekuni bidang pendidikan yang diinginkan sesuai kemampuannya.

"Perlu saya sampaikan bahwa, aset generasi emas kita terdiri dari beberapa tingkatan, untuk tingkat TK 150 anak didik, dan SD sebanyak 250 peserta sementara tingkat SMP Islam terpadu baru 25 siswa/siswi," ungkapnya.

Dibeberkannya, Yayasan permata Selatpanjang ini punya empat target pencapaian dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan, yang pertama bagaimana generasi permata ini menciptakan generasi kreatif.

"Dan yang kedua, generasi anak didik harus punya kompeten di bidangnya masing- masing, yang ketiga harus memiliki karakter yang bagus, kita tidak ingin anak didik kita jadi generasi micin, yang terakhir anak didik kita harus punya sifat kolaborasi, harus punya kerja sama dalan tim dan ini yang kita inginkan," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti, Nuriman Khair, dalam penyampaiannya yang sekaligus secara simbolis menyerahkan izin operasional SMP IT Permata Selatpanjang menyampaikan sejumlah hal.

"Ternyata sesuai info yang kita dapat dari masyarakat, sekolah ini masuk sekolah favorit di Meranti, kita berharap hal ini terus di tingkatkan sehingga para orang tua ramai-ramai menyekolahkan anaknya ke sekolah ini," kata Nuriman.

Menurut Nuriman, apa lagi sesuai informasi yang diperoleh dari pihak pembina yayasan, ternyata di sekolah yayasan Permata Selatpanjang ini hampir 80 persen pendidikan agama islam telah diterapkan kepada anak didik.

Lanjut Nuriman, ada tiga hal yang harus diperhatikan terhadap generasi penerus bangsa, sehingga generasi penerus ini benar-benar mampu seperti yang diharapkan, yaitu mampu memberikan kontribusi yang besar kepada arah pembangunan.

"Selain itu pembentukan karakrer dan akhlak serta sikap perilaku sejak dini, karena sekolah ini berlatar belakang sekolah Islam terpadu dan karakter islami inilah yang harus di terapkan di sekolah ini kepada anak didik," ujarnya.

Kemudian, maju tidaknya pendidikan, pertama kebijakan regulasi yang di keluarkan oleh pemerintah harus tepat dan berkesinambungan dan didukung oleh visi misi sekolah, tak kalah pentingnya sarana dan prasaran pendidikan harus menunjang, perlu juga adanya managemant sekolah yang serius dalam mencerdaskan anak didik.

"Dan perlu saya sampaikan, dengan telah diterbitkannya surat izin operasional SMP IT Permata Selatpanjang ini, sesuai sertifikat nomor pokok nasional, maka SMP IT permata ini sudah layak operasional," ungkapnya.***