JAKARTA - Ajang Modest Styling Competition yang dipersembahkan oleh Asia Pasific Rayon (APR) untuk memeriahkan Muslim Fashion Festival (Muffest) tahun ini, memunculkan anak-anak muda berbakat di bidang merancang busana.

Hal itu terlihat saat ajang Modest Styling Competition yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), pada Jumat (21/2/2020) sore kemarin itu tengah berlangsung. Di mana, para finalis Modest Styling Competition yang terdiri dari sekitar 20 peserta ini saling unjuk kebolehan dengan berkreasi sebebas mungkin dalam merancang busana yang menggunakan bahan viscose rayon dari APR.

Bahkan, sangking tingkat keunikan setiap pesertanya berbeda-beda, dewan juri Modest Styling Competition yang terdiri dari Irfan Hakim, Sheila Rachmat selaku Head of Marketing Communication APR, serta dua desainer dari Indonesia Fashion Chambers (IFC), yakni Anggiasari dan Aninda Razmi ini, sampai kebingungan untuk menentukan pemenangnya.

Salahsatu juri Modest Styling Competition, Irfan Hakim bahkan mengatakan pihaknya tidak menyangka antusiasme peserta Modest Styling Competition bakal sebesar ini.

"Wah seru banget, ini diluar ekspektasi saya. Awalnya saya pikir ya sudahlah paling gimanalah tapi ternyata hasilnya menakjubkan. Mereka lebih ekspresif dan usianya juga masih sangat muda sehingga mereka bisa bereksperimen dan berani menampilkannya dan itu patut kita hargai," kata Irfan Hakim.

Kendati demikian, ia juga tidak menampik kalau masih ada beberapa finalis yang tidak percaya diri. Namun, presenter kondang ini tetap memuji peserta atas semua hasil karyanya.

"Dengan tidak pede aja mereka berani tampil di depan banyak orang dan mempersentasikan apa yang dia pakai di depan banyak orang itu sudah hebat juga. Jadi dari hal-hal seperi ini membuat orang lebih berani berkreasi," puji Irfan.

Hingga akhirnya, setelah melalui proses penjurian yang ketat, nama Farah Bahresa ini pun keluar sebagai juara satu Modest Styling Competition dengan total nilai 1.270 poin. Sehingga ia pun berhak menjadi juara satu dan membawa hadiah berupa uang tunai senilai Rp4 juta.

"Saya menampilkan busana berkonsep Glam Rock. Tampilannya, saya memakai outerwear dengan motif Leopard berbahan dasar viscose rayon. Jadi karena memang bahan viscose rayon ini karakteristiknya berbahan dasar lembut, outerwearnya ketika dipakai jatuh dan flowy. Sehingga lebih bagus," kata Farah.

Lalu, kata Farah, untuk dressnya ia sengaja menggunakan bahan 80 persen viscose rayon dan 20 persen Cotton. Sehingga dress yang ia kenakan pun sangat lembut dan nyaman digunakan.

"Selain nyaman dan ringan, bahan ini gampang banget menyerap keringat. Itulah kelebihan viscose rayon yang saya tahu," jelasnya. ***