HANOI - Tim Nasional (Timnas) Wushu Indonesia belum meraih medali emas pada hari pertama pertandingan cabang olahraga Wushu SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Cau Giay Gymnasium, Ha Noi, Jumat (13/5/2022). Pasukan Merah Putih baru menyumbangkan 1 perak dan 1 perunggu.

Pada hari pertama pertandingan Wushu di Cau Giay Gymnasium, Ha Noi, Jumat (13/5/2022), wushu hanya mampu mendulang 1 perak dan 1 perunggu. Torehan tersebut didapat dari disiplin taolu (seni) atas nama Nandhira Mauriskha dari nomor jianshu (pedang) dan Seraf Naro Siregar yang turun di nomor changquan (pukulan panjang).

Manajer Wushu Iwan Kwok mengapresiasi raihan yang didapat atlet-atletnya. Meski begitu, ia merasa capaian tersebut perlu ditingkatkan. Terlebih karena pewushu andalan Edgar Xavier Marvelo yang turun di nomor changquan harus puas di posisi 7 dengan Nilai 9,46.

"Hari ini kurang maksimal, atlet juga agak nervous sehingga membikin kesalahan sendiri. Harapannya besok bisa lebih baik karena masih banyak pertandingan yang berpeluang meraih medali," kata Iwan.

Edgar cukup diandalkan di nomor changquan karena pernah meraih perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Namun kali ini, Edgar dipaksa mengakui keunggulan Seraf yang mendapat perunggu usai mendapat nilai 9,69. Medali emas Medali emas diraih Malaysia Wei Clement Su dengan raihan 9,70. Nilai tersebut sama seperti yang didapatkan wakil Singapura Juwen Si Wei L.

“Atlet rasanya juga mungkin nervous sehingga ada kesalahan sendiri. Kami harap besok bisa lebih baik,” kata Iwan.

Sementara perak yang didapat Nandhira tercipta saat ia mendapat nilai 9,67 di nomor final jianshu (pedang). Medali emas dan perunggu diamankan wakil tuan rumah. Adalah Vi Duong Thuy mendapat nilai terbaik yakni 9,70. Sementara perunggu didapatkan Dang Tieu Binh dengan 9,66.

Nomor taolu masih berpotensi menambah raihan medali pada Sabtu (14/5). Potensi tersebut di antaranya bisa didapatkan Eugenia Diva Widodo di nomor gunshu & daoshu. Pada nomor gunshu atau tongkat panjang, Eugenia menempati ranking dua dengan Nilai 9,69. Hasil tersebut akan diakumulasi dengan peformanya besok di nomor daoshu (golok).

“ Eugine ini debutan, tetapi memang dari junior ia selalu tampil terbaik. Lawan tadi juga agak goyang tetap nilainya unggul 0,01 dari eugine. Dia masih berpeluang emas. Harapannya di nomor golok nanti bisa maksimal,” tambah Iwan.

Dengan raihan ini, Indonesia telah mengumpulkan 5 emas, 7 perak, dan 2 perunggu pada Jumat (13/05) pukul 18.00 WIB. Raihan ini masih berpotensi bertambah karena cabor kickboxing dijadwalkan melakukan perebutan medali malam ini. ***