PEKANBARU, GORIAU.COM - Sejak ditetapkan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 mendatang, Pemprov Jawa Barat sudah melakukan kaji banding ke beberapa provinsi di Indonesia. Kali ini jatah Riau yang disambangi Pemprov Jawa Barat pada Kamis (14/11/2013).

Dipilihnya Riau sebagai salah tujuan kajian pembelajaran serta pemantapan untuk mempersiapkan diri menggelar iven empat tahunan tersebut dikarenakan Riau dinilai cukup berhasil menyelenggarakan PON XVIII 2012 lalu, meski ada beberapa celah kecil yang muncul.

Tujuan kunjungan Pemprov Jawa Barat ke Riau fokus kepada venue-venue yang telah sukses menggelar berbagai iven berskala nasional. Untuk itu, rombongan Pemprov melakukan kaji banding ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau.

Sekretaris Dispora Provinsi Jawa Barat, Wahyu Iskandar yang ikut dalam rombongan mengatakan, Pemprov Jawa Barat sudah melakukan kaji banding ke beberapa daerah di seluruh Indonesia, termasuk Bali dan DKI Jakarta untuk memantapkan persiapan menjadi tuan rumah.

"Kita ingin menyadur berbagai ilmu yang besar serta bermanfaat untuk kesuksesan PON Jawa Barat. Riau merupakan tuan rumah PON terakhir yang sudah dilangsungkan, untuk itu kunjungan ini diharapkan bisa memberi pencerahan tambahan bagi kami untuk mempersiapkan diri," kata Wahyu.

Turut hadir dalam rombongan tersebut Biro Humas Pemprov Jawa Barat dan SKPD lainnya. "Kita hadir dari berbagai instansi dan lembaga di Jawa Barat. Hal ini dilakukan agar masing-masing bisa memahami kelebihan dan kekurangan yang tengah kita persiapkan sejak ditunjuk sebagai tuan rumah," sambung Wahyu.

Sementara itu, Kadispora Riau, Edi Satria yang menyambut kedatangan rombongan tersebut mengaku siap membantu apa yang dibutuhkan Pemprov Jawa Barat sebagai tuan rumah PON mendatang. "Kita siap memberikan informasi yang sifatnya membangun bagi Jawa Barat dalam persiapannya," tukas Kadispora.

Saat ini rombongan Pemprov Jawa Barat tengah melakukan kunjungan ke beberapa venue yang ada di Pekanbaru. Menurut rencana, rombongan tersebut akan berada di Riau hingga Sabtu (16/11/2013) depan. Karena selain Pekanbaru, mereka juga akan melakukan kunjungan ke venue-venue yang berada di kabupaten/kota di Riau.(tri)