JAKARTA - Ketua Umum PP GMKI, Korneles Galanjinjinay meminta, secepatnya aparat kepolisian mengungkap dan mengumumkan motif di balik penusukan Menko Polhukam RI, Wiranto.

Dalam keterangan tertulis, Jumat 11 Oktober 2019, Korneles menyatakan bahwa insiden penusukan Wiranto, "perlu didalami lebih jauh oleh pihak berwenang, jangan cepat disimpulkan bahwa itu tindakan teroris,".

Pemerintah, menurut GMKI, harus serius dan hati-hati menyelesaikan masalah-masalah bangsa yang terjadi, termasuk berbicara di depan publik, "jangan mengecawakan dan menyalahkan rakyat,".

"Jangan sampai ada skenario yang membuat gaduh negara dan pemerintahan, apalagi ada upayah menganggu jalannya pemerintahan menuju pelantikan Presiden 20 Oktober," kata Korneles.

Terpisah, pernyataan hampir senada juga muncul dari Ketua Presidium IPW, Neta S. Pane. Menurutnya, menjadi pertanyaan besar jika penusukan Wiranto berkaitan langsung dengan aksi terorisme.

Pasalnya, selama ini Wiranto tidak pernah "bersentuhan" dengan kasus terorisme dan Wiranto bukan target yang sesungguhnya.

"Nama Wiranto hanya satu kali disebut sebagai "target" dan itu muncul usai Pilpres 2019 pasca terjadinya kerusuhan 22 dan 23 Mei," kata Neta.***