PEKANBARU- Berbagai cara dilakukan pelaku kejahatan untuk mengelabui korbannya, kali ini penjahat yang belum diketahui indentitasnya itu mengelabui korbannya dengan cara membuat identitas palsu dan berdinas di Kantor Kepolisian Daerah (Polda) Riau.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, mengatakan bahwa pelaku menggunakan identitas palsu dengan nama dan foto Polwan bernama Bripda Imelda.

"Jadi dia ini mengambil foto orang lalu membuat identitas palsu dengan foto itu. Modusnya dia ini menjual barang secara online padahal dia tidak ada barang itu. Kepada korbannya dia mengaku berdinas di Polda Riau," ujar Sunarto kepada GoRiau.com, Rabu (31/7/2019).

Selanjutnya Sunarto menegaskan, tidak ada anggota kepolisian di Polda Riau dengan identitas tersebut. Penipuan ini diketahui ketika Sunarto mendapat informasi dari seorang warga di Madura yang telah menjadi korban penipuan ini.

"Ya kita taunya dari bapak itu, jadi bapak ini sudah tertipu dia ditawarkan mobil murah. Karena bapak ini tidak tau dia transfer awalnya untuk jaminan uang sebesar 8,3 juta rupiah, lalu kedua kali di transfer 7,5 juta rupiah. Setelah itu menghilang dia," lanjut Sunarto.

Lebih lanjut, Sunarto mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dengan modus seperti ini. Jika ada orang mengaku sebagai anggota kepolisian atau instansi lainnya menawarkan suatu barang jangan langsung dipercaya.

"Untuk masyarakat jangan mudah percaya dengan hal seperti ini. Diteliti dulu kebenarannya. Jika kita lihat itu lambang di baju seragam yang ada di foto bukan lambang Polda Riau ditambah dia buat di situ Polda Pekanbaru-Riau mana ada Polda Pekanbaru," tutup Sunarto.***