JAKARTA - Beberapa pengurus dan kader PAN Riau telah menentukan sikap, mendukung Capres Anies Baswedan, meskipun dari pihak DPP PAN hingga saat ini masih belum menentukan jagoanya.

Dukungan tersebut bukan hanya disampaikan secara lisan namun juga secara fisik diperlihatkan sejumlah kader yang dipimpin Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW PAN Riau T Zulmizan yang hadir saat rapat akbar Anies Baswedan yang digelar di Jalan Gajah Mada Kota Pekanbaru, Sabtu (4/12/2022).

Zulmizan mengatakan, kedatangannya bersama jajaran PAN Riau di acara tersebut tidak mengatasnamakan PAN, namun secara pribadi. "Kami datang kesini bukan membawa nama institusi partai namun kami mewakili aspirasi peribadi kami sebagai kader PAN," kata Zulmizan.

Secara peribadi kata Zulmizan, banyak kader PAN yang telah bergabung sebagai relawan Capres Anies sedangkan dirinya juga sudah bergabung di Amanat Indonesia dan pemengang mandat Jardik Riau, yang beranggotakan para tenaga pendidikan. "Harapan kami mudah-mudahan PAN nantinya memutuskan mengusung bapak Anies Baswedan dan kami akan yakinkan ketua umum PAN," tandasnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Sekjen DPP PAN, dr Irvan Herman Abdullah kepada Gonews.co, Minggu malam (4/12/2022) mengatakan, bahwa yang dilakukan Zulmizan Cs adalah usulan pribadi.

“Apa yang dilakukan Zulmizan dan teman-teman adalah usulan pribadi, tidak ada sangkut pautnya dengan DPW PAN Riau," jelas Irvan Herman.

Menurutnya, selama masih bersifat usulan, maka silahkan saja." Ya. Selama usulan pribadi, dan ini bukan deklarasi ya. Harus dicatat, bukan deklarasi DPW PAN Riau," tambahnya

Pembina Wilayah PAN Riau yang juga putra Walikota Pekanbaru 2 periode Herman Abdullah ini memastikan, DPP PAN telah menyerahkan secara penuh keputusan soal capres dan cawapres kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan." Amanat Rakernas PAN 2022 jelas kok, soal komunikasi dan penetapan siapa Capres serta Cawapres PAN di 2024 memang diserahkan ke Ketua Umum," tukasnya.

Ia pun memastikan, semua masukan segenap kader PAN pasti didengar. "Setiap usulan pasti di dengar oleh Ketua Umum," imbuhnya.

Hanya saja kata Dia, jika sudah ada keputusan Ketua Umum dan DPP maka semua harus ikut. Irvan juga menegaskan, yang terjadi di Riau berbeda dengan yang terjadi di acara PAN Jateng.

" Jangan disamakan dengan deklarasi Jateng, di Jateng keputusan resmi Ketua DPW PAN jateng, beda dengan Riau yang mana Ketua DPW PAN Riau Alfedri saja tidak ada di situ," tukasnya.***