BATUSANGKAR - Bencana tanah longsor di Jorong Guguak, Desa Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Ahad (5/4/2020), merenggut dua korban jiwa.

Dikutip dari Kompas.com, kedua korban yang meninggal tersebut adalah J (48) dan ibunya, B (75).

''Warga yang meninggal dunia itu ibu dan anaknya,'' kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tanah Datar Benny Yuhendri.

Benny Yuhendri mengatakan, longsor yang terjadi pada Ahad (5/4/2020) pagi disebabkan hujan deras yang melanda wilayah tersebut sejak Sabtu (4/4/2020).

Diceritakannya, pagi itu, J bersama ibu, istri dan empat orang anaknya berada di dalam rumah.

Tiba-tiba terjadi longsoran. J kemudian langsung membawa istri dan anaknya ke tempat aman.

Usai memindahkan anak dan istri ke tempat aman, J kembali ke rumah untuk menyelamatkan ibunya yang lumpuh. J menggendong ibunya dan hendak membawanya keluar rumah.

''Saat hendak membawa ibunya keluar, material longsor datang menjebol rumah dan menghantam ibu dan anak tersebut,'' tutur Benny.

J dan ibunya tak dapat menghindari longsoran yang tiba-tiba menerjang.Setelah tertimbun longsor, J dan ibunya dinyatakan hilang.

Tim pun bergerak melakukan pencarian.

''Setelah hampir 6 jam pencarian akhirnya korban ditemukan tertimbun material longsor dalam keadaan berhimpitan,'' kata dia.***