JAKARTA – Kanker rahim adalah penyakit yang menyerang sistem reproduksi wanita. Tanda-tanda kanker rahim stadium awal sangat terkait dengan pendarahan vagina.

Dikutip dari Kompas.com yang melansir Verywell Health, wanita semakin berisiko terserang kanker rahim seiring bertambahnya usia, terutama pada usia lebih dari 50 tahun.  Apalagi obesitas dan memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kanker rahim.

Kanker rahim yang disebut juga sebagai kanker uterus ini bisa memengaruhi kondisi indung telur, saluran tuba, leher rahim, dan vagina.

Pada stadium awal, kanker tumbuh di dalam rahim dan mungkin tumbuh di kelenjar leher rahim, tetapi belum sampai ke leher rahim (serviks).

Kanker rahim stadium awal dibagi menjadi dua tahapan berikut:

Stadium IA: kanker tumbuh di endometrium (lapisan dalam rahim) dan mungkin tumbuh kurang dari setengah lapisan otot di bawah rahim.

Stadium IB: kanker telah tumbuh dari lapisan dalam rahim ke lapisan otot rahim. Kanker telah tumbuh lebih dari setengah lapisan otot, tetapi belum menyebar ke luar organ.

Tanda-tanda Kanker Rahim 

Mengutip Medicine Net, berikut gejala awal kanker rahim yang harus Anda waspadai:

- Pendarahan vagina abnormal: terjadi setelah menopause, tidak sesuai periode, aliran deras, serta keputihan berwarna coklat terang atau gelap

- Episode pendarahan vagina yang sangat lama, berat, atau sering terjadi setelah usia 40 tahun, yang tidak responsif terhadap manajemen medis

- Keputihan encer berwarna putih atau bening dengan bau busuk setelah menopause

- Buang air kecil yang sulit atau menyakitkan

- Nyeri saat berhubungan intim

- Nyeri atau tekanan di daerah panggul; terkadang, benjolan di daerah panggul atau perut bagian bawah juga bisa teraba

- Penurunan berat badan yang tidak disengaja

- Perasaan penuh atau tekanan di perut

- Perubahan kebiasaan buang air besar (perubahan pada fungsi kandung kemih)

Tanda-tanda kanker rahim stadium awal yang paling umum adalah pendarahan vagina abnormal.

Pendarahan vagina yang berlangsung secara abnormal, artinya terjadi di luar periode menstruasi bulanan Anda.

Anda perlu memperhatikan pendarahan vagina Anda terutama saat premenopause dan pascamenopause. Kebanyakan kasus Kanker rahim terjadi pada masa itu yang mungkin berkisar usia 50 tahunan ke atas.

Mengutip Mayo Clinic, kanker rahim sering terdeteksi dan disembuhkan pada stadium awal karena disadarinya pendarahan vagina abnormal.

Sehingga jika melihat ciri-ciri kanker rahim seperti di atas, Anda harus segera berkonsultasi pada dokter spesialis.***