PEKANBARU  - Walikota Pekanbaru Firdaus menyayangkan masih adanya masyarakat yang beranggapan bahwa Covid-19 tidak benar-benar ada. Padahal, saat ini jumlah pasien Covid-19 terus bertambah signifikan dan korban meninggal juga terus berjatuhan

Hal ini disampaikannya berdasarkan laporan yang diterimanya, bahwa ada seorang pasien positif Covid-19 yang menganggap pandemi virus Corona tersebut sebagai konspirasi. Pasalnya, pasien tersebut merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Pasien ini tidak percaya di positif Covid-19 karena merasa sehat-sehat saja, tapi dia datang ke Puskesmas tanpa menggunakan masker, berbicara kepada pasien-pasien yang ada disana sehingga ini meresahkan," ujarnya, Senin (14/9/2020).

Firdaus mengatakan, pasien tersebut merupakan seorang yang intelektual, artinya memiliki pendidikan yang cukup tinggi. Ini menjadi tugas bagi pemerintah dan media untuk dapat mengedukasi masyarakat dan pasien yang memiliki pemahaman tersebut.

"Inilah, kita harus bisa mengedukasi. Kita minta agar kita menyadari Covid-19 ini real, bukan konspirasi, sudah banyak korbannya, kemarin saja, dalam sehari sudah meninggal 7 orang," paparnya.

Sementara itu, berdasarkan data Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru pertanggal 13 September 2020 kemarin, setidaknya total positif Covid-19 di Kota Pekanbaru mencapai 1.604 orang, diantaranya 1.100 orang masih dirawat, 474 sembuh, dan 30 orang telah meninggal dunia. ***