PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengingatkan agar masyarakat tidak memicu potensi kebakaran di sekitar lahan tempat tinggalnya. Apalagi, saat ini Provinsi Riau tengah peralihan menuju musim kemarau.

Menurutnya, Kota Pekanbaru memang minim hutan. Namun, hampir seluruh bagian wilayahnya merupakan lahan gambut, yang permukaannya mudah terbakar saat kering.

"Maka dari itu, sangat penting agar kita berhati-hati dan waspada. Puntung rokok saja bisa memicu api, karena lahan kita ini sebagian besar ada gambut," ujarnya, Selasa (23/2/2021).

Tak hanya kebakaran lahan, Firdaus juga mengimbau agar warganya memastikan selalu meninggalkan rumah dalam kondisi aman. Sehingga mencegah terjadinya kebakaran gedung dan lingkungan, yang biasa terjadi di perkotaan.

"Dimusim seperti inikan, kita juga mengalami kebakaran-kebakaran di lingkungan, seperti rumah, tempat usaha. Maka itu, kita minta agar masyarakat waspada terhadap perubahan cuaca yang mengarah pada kekeringan dan rawan menyebabkan kebakaran," pungkasnya. ***