PEKANBARU - Pengoperasian penyeberangan RoRo Dumai - Malaka terus digesa oleh Pemerintah Malaysia dan Indonesia. Sebelum dioperasikan, penyeberangan yang menghubungkan negara Indonesia dengan Nalaysia, terlebih dahulu dilakukan uji coba.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) Malaysia, Datuk Wira Marzuki Bin Yahya usai pertemuan bilateral dengan Gubernur Riau, Syamsuar, Sabtu (2/11/2019) di kediaman Gubernur Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

"Penyeberangan RoRo Dumai - Malaka, harus bisa dipromosikan dengan baik oleh kedua negara untuk mendatangkan kemajuan. Sehingga 2020, RoRo Dumai - Malaka bisa dioperasikan," kata Datuk Wira kepada GoRiau.com.

Berbagai persiapan juga terus diupayakan kedua negara untuk suksesi penyeberangan menggunakan kapal fery antara Indonesia (Kota Dumai, Riau) dengab Malaysia (Malaka).

Syamsuar mengatakan, pihaknya terus melakukan upaya persiapan di Pelabuhan Sri Junjungan, Kota Dumai. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, telah ditugaskan untuk menyelesaikan beberapa persiapan yang maaih kurang.

"Dengan beroperasinya penyeberangan RoRo Dumai - Malaka, mampu meningkatkan sektor pariwisata, perdagangan, perindustrian, dan pendidikan. Kita juga berharap, penyeberangan RoRo Dumai - Malaka segera beroperasi," jelas Syamsuar. ***