SIAK SRI INDRAPURA - Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) Siak yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional ini pembangunan fasilitasnya terus digesa. Selain menggandeng perusahaan dari Malaysia, Pemkab Siak juga terus melakukan lobi ke pusat untuk mendapatkan dukungan. Kali ini Kementerian PUPR RI melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya akan membantu penyediaan air minum dan air bersih.

Bupati Siak Drs H Alfedri MSi didampingi Kadis PU Tarukim Siak, Irving Kahar mengatakan bantuan penyediaan fasilitas air minum dan air bersih itu disampaikan langsung oleh Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga, dalam pertemuan penandatanganan Hibah Barang Milik Negara di Jakarta, Jumat (1/11/2019) lalu.

“Bantuan ini untuk merealisasikan program dukungan dalam bentuk penyediaan air minum dan air bersih di lokasi PSN. Sehingga realisasinya dapat dilaksanakan pada 2020-2021 mendatang,” kata Kadis PU Tarukim Irving Kahar.

Kondisi akses air minum di Kabupaten Siak saat ini sudah mencapai angka 73,16 persen dan telah melampaui target akses air minum nasional yang berada pada kisaran 72,04 persen.

“Sesuai target nasional, air minum diharapkan dapat diakses hingga persentase 100 persen pada 2024 mendatang. Untuk itu Pemkab Siak melalalui Dinas PU Tarukim akan terus bekerja keras menjapai target 100 persen tersebut,” kata Alfedri.

Pemimpin Siak itu tak lupa menyampaikan bentuk dukungan dari Kementerian PUPR tersebut, dan program Pamsimas (Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat) akan sangat signifikan manfaatnya bagi pemenuhan kebutuhan air minum dan air bersih di KITB. ***