PEKANBARU - Saat mengambil apel hari ini, Selasa (17/12/2019), Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution mendapati banyak Aparatur Sipil Negara dan Tenaga Harian Lepas (THL) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang tak apel.

Di tengah lapangan dan teriknya matahari, Edy Nasution didampingi Sekdaprov Yan Prana Jaya, memberikan pengarahan kepada ASN dan THL yang tak apel tadi pagi.

"Saya sudah laporkan ke Pak Gubernur akan mengambil apel pagi, sebab saya mau melihat tingkat kehadiran. Ternyata yang saya lihat tidak seperti hari-hari biasanya, banyak yang tidak hadir," kata Edy Nasution kepada GoRiau.com.

Mantan Komandan Korem/031 Wirabima ini menduga, ada kekhawatiran dari ASN dan THL takut dicek urinenya. Untuk itu, dirinya menyampaikan kepada pegawai yang tak hadir tadi untuk dikumpulkan kembali.

"Ada sekitar 150 pegawai, termasuk ASN dan THL yang dikumpulkan barusan ini. Masih ada sekitar 100 pegawai lagi yang belum hadir saat saya kumpulkan di lapangan," ungkap Edy Nasution.

Edy Nasution menegaskan, yang tidak hadir apel tadi untuk dikumpulkan lagi sore atau malam di kediamannya. Dirinya selalu menyampaikan terkait kedisiplinan pegawai dalam melakukan apel pagi.

"Saya hanya ingin mengajak untuk tertib dan disiplin. Saya dan Pak Gubernur tidak membuat peraturan baru. Hanya menjalankan peraturan yang sudah ada. Kami juga meminta THL menandatangani fakta integritas, karena banyak yang mau jadi THL," jelas Edy Nasution. ***