PEKANBARU - Apel tiga pilar bersama komponen masyarakat dalam menyukseskan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Senin (1/4/2019) pagi. Wakil Gubernur Riau Edy Nasution memimpin apel bersama Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo dan Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Muhammad Fadjar.

Edy Nasution mengungkapkan, media massa (pers), media sosial, dan lembaga survei harus ikut mendorong Sosialisasi Pileg dan Pilpres 2019 dan konsolidasi demokrasi lokal, serta ikut menyuarakan dan mencegah praktik buruk.

"Pers berperan dalam menggalakkan pendidikan politik untuk para pemegang hak pilih. Semakin tinggi tingkat edukasi masyarakat, akan semakin rasional mereka ikut berpartisipasi dalam Pileg dan Pilpres 2019. Juga tidak menyebarkan berita HOAX," kata Edy Nasution kepada GoRiau.com.

Melalui apel tiga pilar ini, Edy Nasution mengajak seluruh eleman masyarakat untuk saling membantu, bahu membahu demi terciptanya keadaan yang kondusif, aman, dan suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Legislatif di Indonesia, khususnya di Provinsi Riau.

Ads
"Pileg dan Pilpres 2019 harus dapat dipertanggungjawabkan dan tidak memecah belah persaudaraan yang selama ini sudah terjalin. Pemilu jangan sampai merusak silaturrahim antar anak negeri yang justru menjadi penghambat jalannya pembangunan ke depan. Oleh karena itu melalui Apel Bersama 3 Pilar ini, juga menyadarkan kita semua agar menjaga pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 berjalan dengan aman, jauh dari tindak kekerasan yang dapat merusak tatanan sosial yang telah terjalin selama ini," ungkap Edy Nasution.

Keberhasilan dalam penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019, menurut Edy Nasution, dapat berdampak luas terhadap tingkat kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, seluruh elemen berkewajiban untuk mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019 dengan sebaik-baiknya. Mari bersama saling bersatu dengan menyamakan persepsi membangun citra bangsa, melalui keberhasilan penyelenggaraan pesta demokrasi yang bermartabat sesuai dengan perundang-undangan, serta meningkatkan nilai-nilai kemanusiaan yang mengedepankan etika kesantunan politik.

"Kesantunan berpolitik ini harus menjadi tujuan kita bersama, agar "ruh" Pileg dan Pilpres 2019 tidak ternoda oleh tindakan-tindakan yang dapat merugikan masyarakat dikemudian hari," ujar Edy Nasution.

Tahapan Pemilu 2019 ini yang terdiri dari Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) diindikasikan berpotensi timbulnya kerawanan gangguan. Untuk itu dalam Apel 3 Pilar ini TNI, Polri dan ASN, meminta kepada seluruh komponen masyarakar agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan, jangan sampai mudah terprovokosi oleh berita-berita Hoax yang disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Tidak dapat kita pungkiri lagi menjelang Pemilu 2019 ini, tentunya menjadi "PR" bagi kita semua terutama instansi TNI, Polri dan unsur pemerintahan di Kabupaten/Kota, serta masyarakat untuk menciptakan Pileg dan Pilpres 2019 yang sejuk, damai dan lancar," jelas Edy Nasution. (advertorial)