SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar menghadiri peresmian ruang tahanan Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis oleh Direktur Jendral (Dirjen) Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung RI, Prim Haryadi, Jumat (21/1/2022).

Kehadiran Wabup Asmar didampingi Kasubag Perlengkapan Bagian Umum Kabupaten Meranti, Ardian Kaban Kesbangpol, Rahmawati, Sub Koordinator Bantuan Hukum, Rio Melta Kristian dan Sub Koordinator kerjasama daerah Kabupaten Meranti.

Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso dalam kesempatan itu mengatakan pemerintah daerah akan berkomitmen khususnya dalam pelayanan bagi masyarakat, salah satunya seperti pembangunan ruang tahanan ini.

"Semoga fasilitas ini dapat menjadi salah satu syarat mutlak menuju birokrasi yang baik, gunakan dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya," ucapnya

Lebih lanjut, mantan Anggota DPRD Bengkalis itu juga menyinggung soal narkoba yang kini telah merajalela di Kabupaten Bengkalis.

"Jadi di Kabupaten Bengkalis kasus yang paling banyak itu adalah kasus narkoba. Sedangkan untuk rehabilitasi di Bengkalis itu belum ada, dan kasusnya paling banyak, jadi kami berharap nantinya sinergitas kita untuk bersama memberantas narkoba ini," ujarnya

Sementara itu, Plt Dirjen Badilum Mahkamah Agung mengatakan, ruang tahanan Pengadilan Negeri, berbeda dengan ruang tahanan pada umumnya. Ruang tahanan Pengadilan Negeri merupakan ruang tunggu untuk disidang.

"Jadi diharapkan nantinya ini bisa jadi sesuatu yang bermanfaat terus tingkatkan inovasi, dan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Plt Dirjen Badilum Mahkamah Agung merupakan salah satu pejabat yang lahir di Bengkalis. Dihadapan undangan yang hadir saat peresmian ruang tahanan Pengadilan Negeri Bengkalis, ia juga mengenang masa-masa kecilnya saat di Bengkalis.

"Jadi saya dulu sekolah di Sekolah Dasar Negeri 8 Bengkalis, banyak kenangan yang saya lalui di Bengkalis ini," ujarnya.

Mantan Ketua Pengadilan Negeri Gresik itu juga tidak menyangka bahwa dia bisa kembali ke Kabupaten Bengkalis.

"Saya tidak menyangka bisa kembali ke sini. Apalagi saat saya datang sambutannya begitu hangat dan spesial terimakasih untuk semuanya," tuturnya.

Kemudian Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis atas sambutannya.

"Dengan adanya fasilitas ruang tahanan pengadilan Negeri yang baru ini mudah-mudahan bisa menambah pelayanan bagi masyarakat yang menuggu proses hukumnya di pengadilan Negeri Bengkalis ini," ungkapnya.***